Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Korban Serangan Benghazi Tuntut Hillary Clinton Bertanggung Jawab

Kompas.com - 10/08/2016, 09:25 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Orangtua dari dua korban serangan brutal di Benghazi, Libya timur, menuntut calon Presiden AS Hillary Clinton atas kematian tanak mereka dalam insiden itu.

Harian The Independent,  Selasa (9/8/2016), melaporkam, orangtua yang berduka akibat serangan pada tahun 2012 di Benghazi telah mengajukan gugatan terhadap Hillary.

Mereka melihat adanya hubungan antara tragedi dan surar elektronik (e-mail) pribadi kandidat dari Partai Demokrat itu, yang selama ini memang telah menjadi salah satu bahan pergunjingan di AS.

Kandiat presiden dari Partai Republik, Donald Trump, juga telah berulangkali menyoroti serangan di Benghazi itu dengan e-mail pribadi Hillary.

Pengaduan emosional atas Hillary awalnya disampaikan oleh Patricia Smith, salah satu orangtua, pada konvensi Partai Republik tiga minggu lalu.

Orangtua yang lain, Charles Woods, mengajukan gugatan dengan menggunakan laporan terbaru FBI dengan menyalahkan mantan Menlu AS itu.

Patricia Smith dan Charles Wood adalah orangtua dari Sean Smith dan Tyrone Woods. Mereka mengajukan tuntutan terhadap Hillary atas dugaan kematian yang tidak benar dan fitnah.

Lewat tuntutannya, Smith dan Wood mengatakan, salah satu penyebab kematian anak mereka ialah karena Hillary menggunakan layanan e-mail pribadi.

Menurut BBC,  tuntutan tersebut diajukan kelompok konservatif, Freedom Watch, yang mewakili para orangtua korban.

Kedua orangtua tersebut juga menuduh Hillary memfitnah mereka lewat sejumlah pernyataannya di media massa.

Kelompok militan menyerang kantor konsulat AS pada tahun 2012 di Benghazi. Akibatnya empat warga AS tewas, termasuk Duta Besar Chris Stevens, saat Clinton menjabat Menlu AS.

Meskipun DPR AS, Clinton tidak melakukan kesalahan pada permulaan tahun. Masalah ini terus muncul selama kampanye kepresidenannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com