Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aung San Suu Kyi Terbang ke AS Temui Obama Pekan Depan

Kompas.com - 07/09/2016, 15:48 WIB

LAOS, KOMPAS.com - Tokoh pro demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi akan terbang ke Amerika Serikat untuk menemui Presiden Barack Obama, pekan depan.

Rencana ini diungkapkan pihak Gedung Putih melalui Penasihat Keamanan Nasional Ben Rhodes, di Washington DC, Selasa kemarin. 

Dia menyebutkan, rencana kunjungan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Myanmar itu sudah dirancang sejak Juli lalu, namun belum ada tanggal yang pasti kala itu.

"Dia akan mengunjungi Washington, dan bertemu dengan Presiden pada 15 September mendatang," kata Ben Rhodes kepada wartawan di Laos, saat Obama melakukan kunjungan kerja dua hari di sana. 

Seperti diberitakan AFP, dalam sambutan pertamanya pun Obama sempat mengungkapkan keinginannya untuk menyambut Suu Kyi di AS. 

"Karena kami berdiri bersama rakyat Myanmar dalam perjalanan mereka untuk menegakkan pluralisme dan perdamaian," kata Obama.

Obama dan Suu Kyi pertama kali bertemu pada 2012 lalu, tak lama setelah perempuan itu dibebaskan dari tahanan rumah, yang dijalaninya selama dua dekade terakhir. 

Obama pun bertemu dengan Suu Kyi dalam kunjungan ke Myanmar di tahun 2014, saat dia mengkritisi pengganjalan Suu Kyi sebagai Presiden Myanmar. 

Transisi kekuasaan dari militer ke sipil yang berlangsung damai di Myanmar telah menuai pujian dari dunia, yang menilai hal itu sebagai peristiwa langka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com