Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politik dan Agama Kacaukan Jadwal Kereta

Kompas.com - 07/09/2016, 00:01 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

Sumber ANTARA

YERUSALEM, KOMPAS.com--Politik dan agama menjadi dua faktor yang menyebabkan berhentinya sebagian besar layanan kereta Israel pada Ahad, hari kerja pertama negara tersebut.

Tunduk pada tuntutan kelompok ultra-ortodoks dalam koalisi pemerintahan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menginstruksikan agar perbaikan jalur kereta dihentikan pada Sabtu, hari suci bagi kaum Yahudi di mana kerja menjadi aktivitas terlarang.

Namun akibatnya, kebijakan tersebut membuat Netanyahu menjadi kambing hitam berhentinya layanan transportasi sehari kemudian.

Karena kebijakan penghentian perbaikan sebuah bagian rel di utara Tel Aviv sesaat sebelum hari sabath dimulai pada Jumat malam, hampir semua layanan kereta dihentikan pada Ahad agar proses perbaikan itu bisa diselesaikan.

Hal tersebut membuat ribuan komuter, termasuk di antaranya para tentara yang akan kembali ke pangkalan setelah libur akhir pekan, harus berdesakan dalam bus-bus pengganti. Jalanan lebih macet dari pada biasanya.

Netanyahu kemudian menyalahkan menteri transportasinya yang sama-sama berasal dari Partai Likud.

Sejumlah pengamat mengatakan bahwa kekacauan transportasi tersebut bisa dihindari karena hanya merupakan hasil dari politik dagang sapi.

"Kelompok Haredim (ultra-ortodoks) selalu diutamakan oleh Netanyahu di atas semua hal," tulis kolumnis Ben Caspit di surat kabar Maariv, merujuk pada kepentingan sang perdana menteri untuk mempertahankan dukungan dari berbagai faksi dalam pemerintahannya.

Koalisi Netanyahu menguasai 66 kursi parlemen dari total 120. Sebanyak 13 di antaranya merupakan tokoh yang berasal dari dua partai ultra-ortodoks.

Selama beberapa dekade, perimbangan ringkih antara kehidupan modern dengan ketaatan religius selalu dipertahankan oleh mayoritas sekuler di Israel dan minoritas religius Yahudi.

Dalam konstelasi politik tersebut, hampir tidak ada bus atau pun kereta yang beroperasi di Israel pada hari Sabtu. Namun demikian, pekerjaan perawatan terhadap infratruktur transportasi tetap diizinkan secara rutin.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, para pemimpin kelompok ultra-ortodoks harus menerima tekanan dari publik dan dari surat kabar religius mengenai pekerjaan perbaikan rel kereta pada hari Sabtu.

Menteri Transportasi Yisrael Katz sebelumnya bersikeras perbaikan itu harus dilanjutkan. Namun Netanyahu kemudian mengintervensi dan membatasi skala pekerjaan itu pada dua pekan lalu dan kemudian menghentikan sepenuhnya pada Sabtu.

Pernyataan tertulis dari Kantor Perdana Menteri menuding Katz, yang merupakan pesaing Netanyahu di Likud, sebagai pihak yang memulai pertengkaran dengan komunitas relijius "untuk menghancurkan citra Netanyahu di mata publik."

Katz tidak menanggapi tudingan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com