Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Singkirkan Osama bin Laden, AS Incar Pimpinan ISIS

Kompas.com - 02/05/2016, 13:47 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kesuksesan menewaskan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden lima tahun lalu, membuat AS yakin bisa melakukan hal serupa terhadap pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Direktur CIA, John Brennan, Minggu (1/5/2016) mengatakan, menyingkirkan pimpinan ISIS akan memberikan dampak besar bagi organisasi tersebut.

Brennan memperingatkan, Al Qaeda masih merupakan ancaman dan ISIS bukan sekadar sebuah organisasi namun sebuah fenomena.

"Kami sudah menghancurkan sebagian besar Al Qaeda, namun organisasi itu belum habis. Jadi kami harus tetap mengawasi Al Qaeda," kata Brennan kepada stasiun televisi NBC.

"Kini dengan fenomena ISIS, organisasi itu akan menjadi tantangan bagi kami beberapa tahun ke depan," tambah Brennan.

Saat ditanya soal pentingnya menyingkirkan pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi seperti yang dilakukan terhadap Osama, Brennan yang sangat jarang diwawancarai media ini menjelaskan dengan gamblang.

"Dia (Al Baghdadi) sangat penting dan kami akan menghancurkan ISIS. Saya tak pernah ragu, kami harus menyingkirkan pemimpin yang mengendalikan organisasi yang banyak mendalangi aksi mengerikan ini," ujar Brennan.

"Jika kami singkirkan Al Baghdadi, saya kira itu akan memberikan dampak besar terhadap organisasi itu. Dan, dampaknya akan sangat terasa bagi mereka," tambah Brennan.

Namun, lanjut Brennan, ISIS adalah sebuah fenomena yang muncul tak hanya di Irak dan Suriah tetapi juga di Libya, Nigera dan beberapa negara lain.

"Kami harus tetap fokus menghancurkan semua elemen organisasi ini," papar Brennan.

Sementara itu dengan menggunakan tagar #UBLRaid, CIA menggelar cuitan langsung penggerebekan Osama bin Laden yang terjadi lima tahun lalu lengkap dengan foto Presiden Barack Obama dan para petingga AS menyaksikan aksi Navy Seals itu dari Situation Room.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com