Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Restoran Ini, Mi Daging Sapi Dijual Rp 4 Juta Semangkuk

Kompas.com - 27/04/2016, 12:16 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Hampir semua orang gemar menyantap mi karena mengenyangkan dan biasanya dijual dengan harga terjangkau.

Namun, sebuah restoran di Taipei, Taiwan, menyajikan mi daging sapi yang biasanya merupakan makanan rakyat menjadi sebuah sajian premium.

Di restoran ini, mi daging sapi ini dijual dengan harga fantastis, yaitu 200 yuan atau Rp 400.000 hingga 2.000 yuan atau sekitar Rp 4 juta semangkuk.

Apa yang menyebabkan mi daging sapi di restoran ini bisa sedemikian mahal? Ini jawaban sang pemilik restoran, Wang Congyuan.

Pria kelahiran Shaanxi, China, itu mengatakan, bisnisnya ini dimulai pada 1990 saat dia sedang mempersiapkan sebuah restoran mi miliknya.

Ternyata, bisnisnya sangat maju. Hanya dalam enam tahun, restoran yang dikelolanya sangat sukses. Namun, kesuksesan tak membuat Wang berhenti.

Dia kemudian melakukan riset dan mempelajari metode untuk membuat semangkuk mi yang sempurna.

Untuk itu, dia hanya menggunakan daging sapi tertentu hingga peralatan dapur yang tepat. Bahkan, kini para koki yang bekerja di restorannya berasal dari Jepang, Australia, AS, dan Brasil. Tentunya, mereka adalah koki nomor wahid.

Para koki ini memotong daging sapi yang akan digunakan dengan hati-hati dan dipotong dalam bentuk tertentu. Selain itu, Wang menyediakan enam jenis kuah atau kaldu berbeda dari tiap bagian daging sapi.

Selain itu, para pelanggan bisa memilih 20 jenis mi yang tersedia. Semua kerumitan inilah yang membuat harga mi karya Wang begitu mahal.

Harga yang luar biasa mahal ini ternyata tak membuat restoran milik Wang sepi pelanggan. Justru, pelanggan membeludak dan harus melakukan pemesanan beberapa hari sebelumnya.

"Sejak saya berusia 40 tahun, saya fokus untuk membuat mi sapi terbaik. Saya mementingkan kualitas dan bukan kuantitas," ujar Wang.

"Saya ingin membuat mi dengan rasa paling lezat dan menjual mi berkualitas tinggi. Saya ingin menjadikan restoran saya yang terbaik di dunia," tambah Wang.

Tak sia-sia upaya Wang. Kini, mi daging sapi karyanya dianggap sebagai legenda di dunia industri makanan.

Banyak orang datang ke Taiwan dan ingin mencicipi mi daging sapi yang dijual di restoran 688 Beef Bowl milik Wang.  

Kini, Wang sudah bersiap untuk meninggalkan dunia kuliner dan menikmati masa tuanya. Untuk itu, dia sudah mempersiapkan putranya, Wang Yinqi, untuk meneruskan usaha ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com