Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lonceng Big Ben di London Akan "Bungkam" Selama Beberapa Bulan

Kompas.com - 26/04/2016, 20:31 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Menara Big Ben yang menjadi ikon kota London di Inggris akan berhenti beroperasi untuk beberapa bulan ke depan.

Hal itu karena menara yang berada di samping gedung parlemen Inggris tersebut akan diperbaiki. Demikian diungkapkan pejabat setempat, seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (26/4/2016).

Lonceng yang biasa berbunyi dari jam itu pun akan dibungkam sejalan dengan proyek perbaikan bernilai 42 juta dollar AS atau sekitar Rp 555 miliar.

Para pekerja akan memperbaiki permukaan jam dan sistem mekanis di dalamnya. Perbaikan juga meliputi retak di batu menara dan korosi pada atap, serta memulihkan kondisi bangunan yang berdiri sejak abad ke-19 itu. 

Sebuah lift juga akan dipasang sebagai alternatif untuk menuju ke pucuk bangunan itu. Selain itu, lampu-lampu yang menerangi jam dan menara tersebut akan diganti dengan LED hemat energi.

"Sistem mekanis jam tersebut perlu dihentikan selama beberapa bulan sebagai bagian dari perawatan besar yang dilakukan," ungkap pejabat setempat. 

"Selama masa itu, tidak akan ada bunyi lonceng," kata dia lagi. 

Big Ben adalah nama dari lonceng yang menggantung setinggi 96 meter di menara The Elizabeth.

Bangunan ini dirancang dengan gaya neo-Gothic oleh arsitek Augustus Pugin, dan rampung pada 1856.

"Demi menjaga jam itu tetap berfungsi, kami harus memeriksa dan memperbaiki bagian-bagiannya," kata Steve Jaggs, selaku Keeper of the Clock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com