Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Obama dan Trudeau Pulihkan Hubungan AS-Kanada

Kompas.com - 11/03/2016, 15:54 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.COM - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bertemu di Gedung Putih, Kamis (10/3). Keduanya pun terlihat akrab dalam sebuah acara jamuan makan bersama.

Trudeau (44) merupakan petinggi pertama Kanada yang melakukan kunjungan resmi pertama dalam kurun 20 tahun terakhir ini ke AS dan bertemu dengan Obama. Pertemuan keduanya untuk memperbaiki dua negara bertetangga yang sebelumnya tidak harmonis.

Trudeau berasal dari Partai Liberal dana anak mantan PM Kanada Pierre Trudeau. Ia menjabat sejak November 2015.  Ia dinilai mampu hubungan Kanada dan AS  yang tidak harmonis selama enam tahun enam tahun sebelumnya di bawah pemerintahan era PM Stephen Harper dari Partai Konservatif.

“Ia mempromosikan pesan akan harapan dan perubahan. Visinya yang positif dan optimis menginspirasi kalangan muda,” ujar Obama setelah pertemuan dengan Trudeau. “Jadi dari perspektif saya, apa yang tiak bisa disukai?”

Dalam kunjungan pertamanya itu Trudeau membawa serta enam menterinya. Bagi dia, menjaga hubungan baik dengan AS penting bagi Kanada, yang mengeskpor 75 persen barangnya ke AS.

Obama mengawali perbincangan dengan Trudeau  dalam nada-nada hangat dan informal. Ketika acara makan malam, Obama berkata kepada Trudeau bahwa ia “bisa menjadi orang Kanada bernama Justin yang paling populer.”  Ia merujuk pada Justin Bieber, penyanyi top  asal Kanada.

Makan malam di Gedung Putih sendiri adalah yang pertama bagi pemimpin Kanada sejak 1997. Obama tak pernah melakukannya kepada Harper, yang pernah membuat kesal pemerintahan Obama karena memaksakan persetujuan pipa kilang minyak Keystone XL. Obama memblokir proyek tersebut tahun lalu.

Obama melontarkan guyon soal bagaimana tim hoki Kanada selalu gagal menjadi juara, ketika ia menyambut Trudeau Kamis pagi.  “Di mana Stanley Cup saat ini?” tanya Obama. “Maaf. Ada di kampung halaman saya, di (klub) Chicago Blackhawks?”

Trudeau membalas bahwa ada permintaan tinggi dari AS atas ekspor Kanada, termasuk tiga pemain bintang di Blackhawks yang memenangkan Liga Nasional Hoki tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com