Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tanpa Sopir Milik Google Menabrak Bus di California

Kompas.com - 01/03/2016, 20:13 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Mobil Google yang bisa melaju sendiri tanpa pengemudi menabrak bus saat sedang melakukan uji coba di California.

Mobil Google itu terlibat kecelakaan dengan kendaraan bermotor lain di jalan umum.

Laporan kecelakaan menyebutkan, tabrakan terjadi pada dua pekan lalu di dekat kantor pusat Google di Mountain View dan tidak menimbulkan korban cedera.

Google menyatakan, pihaknya memikul sebagian tanggung jawab dalam kecelakaan tersebut dan sudah menempuh perbaikan perangkat lunak yang digunakan.

Mobil merek Lexus, yang dengan teknologi Google itu bisa melaju sendiri itu, sedang berupaya melewati beberapa kantong pasir ketika menabrak bagian samping sebuah bus, yang melaju dengan kecepatan 24 kilometer per jam.

Pernyataan Google menyebutkan, pada 14 Februari, mobil tanpa sopir itu bersiap-siap untuk berbelok ke kanan ketika mendeteksi beberapa kantong pasir di jalurnya.

Bulan lalu, Badan Keamanan Lalu Lintas Jalan Raya AS, NHTSA, badan yang menetapkan peraturan jalan raya Amerika Serikat, menyatakan, mobil Google akan mendapat status sama dengan mobil yang dikemudikan manusia.

Sampai saat ini, mobil yang tidak dikemudikan manusia dianggap tidak layak untuk melaju di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com