Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayahnya Meninggal dan Ibu Kabur, Bocah 7 Tahun Urus Sendiri Kakek dan Neneknya

Kompas.com - 26/02/2016, 21:13 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Satu lagi kisah memilukan soal seorang anak kecil yang menjadi dewasa sebelum waktunya, karena berbagai kemalangan dalam hidupnya.

Kisah ini terjadi di sebuah desa kecil di luar kota Yichang, provinsi Hubei, China. Di desa itu tinggal seorang bocah perempuan berusia tujuh tahun, Miaomiao.

Sekilas tak ada yang berbeda dalam diri Miaomiao dengan anak-anak seusia dengan dia. Bedanya, Miaomiao sudah dewasa sebelum waktunya.

Semua itu karena berbagai kemalangan yang menimpanya secara beruntun. Tahun lalu, ayah Miaomiao tewas akibat kecelakaan lalu lintas.

Tak lama setelah sang ayah tiada, ibu Miaomiao pergi meninggalkan bocah itu dan tidak terdengar lagi kabarnya.

Alhasil, si kecil Miaomiao kini tinggal bersama kakek dan neneknya yang sakit-sakitan. Tak pelak bocah itu kini menjadi perawat kedua orang lanjut usia tersebut.

China Daily Salah satu kegiatan rutin Miaomiao adalah menyuapi neneknya yang menderita gangguan mental dan tak bisa menggunakan tangan kanannya dengan baik.

Di kediamannya, Miaomiao mengerjakan hampir semua pekerjaan rumah tangga. Dia membantu kakek neneknya mengupas kentang, mencuci piring dan menyapu jalan di depan kediaman mereka.

Situasi semakin pelik karena sang nenek menderita gangguan mental dan kesulitan menggunakan tangan kanannya. Demikian dikabarkan harian China Daily.

Sementara sang kakek menderita kelainan kulit langka yang membuat dia tak boleh terlalu banyak terkena air terutama di musim dingin.

Hebatnya, meski hidup dalam kesulitan dan harus menanggung tanggung jawab yang besar, Miaomiao masih bisa bersekolah dengan prestasi yang tak buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com