Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Filipina Akan Lelang Perhiasan Koleksi Imelda Marcos

Kompas.com - 15/02/2016, 17:26 WIB
MANILA, KOMPAS.com - Pemerintah Filipina telah mengizinkan digelarnya pameran dan lelang koleksi perhiasan mantan ibu negara Imelda Marcos yang diyakini bisa mencapai nilai 21 juta dolar AS atau sekitar Rp 281 miliar.

Koleksi perhiasan ini disita ketika mantan penguasa Filipina, Ferdinand Marcos dan keluarganya kabur ke Hawaii pada 1986 menyusul revolusi rakyat yang mengakhiri kekuasaannya selama dua dekade.

Koleksi perhiasan yang akan dilelang itu termasuk sebuah permata 25 karat berbentuk tong yang setidaknya berharga 5 juta dolar AS.

Kemudian sebuah mahkota berlian Cartier yang saat ini diperkirakan berharga antara 30.000-50.000 dollar AS.

Andrew de Castro, Presiden Komisi Pemerintahan Bersih, sebuah lembaga yang bertugas mengumpulkan kembali kekayaan Marcos, mengatakan, pihaknya berharap pameran dan lelang ini akan digelar sebelum masa jabatan Presiden Benigno Aquino III berakhir Juni mendatang.

Sebab, jika masa jabatan presiden berakhir maka otomatis masa kerja anggota komisi ini juga selesai.

Sebelumnya pada pekan lalu, Kementerian Keuangan Filipina menyetujui rencana penjualan harta benda Imelda Marcos itu.

Sebagian harta Marcos itu disita di istana kepresidenan saat keluarga penguasa itu kabur. Namun, status kepemilikan harta tersebut masih menjadi sengketa di pengadilan. Sebagian perhiasan lainnya disita di Hawaii, AS dan di bandara internasional Manila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com