Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas dalam Kerusuhan di Penjara di Meksiko Jadi 49 Orang

Kompas.com - 12/02/2016, 11:06 WIB
MONTERREY, KOMPAS.com — Jumlah korban tewas dalam kerusuhan antara para narapidana di sebuah penjara di Meksiko utara, Kamis (11/2/2016) dini hari waktu setempat, bertambah jadi 49 orang. Dalam kerusuhan itu para narapidana bersenjatakan pentungan dan pisau serta menyulut kebakaran.

Sebanyak 12 orang lainnya terluka dalam "pertempuran" yang berlangsung selama 30 sampai 40 menit di penjara Topo Chico di kota industri Monterrey itu, kata Gubernur Negara Bagian Nuevo Leon, Jaime Rodriguez.

Rodriguez mengatakan, bentrokan pecah mulai Rabu malam dan pihak berwenang berhasil mengendalikannya pada Kamis sekitar 01.30 dini hari.

Pertarungan itu pecah menyusul sengketa antara para narapidana terkait kontrol atas penjara yang melibatkan dua kubu yang bersaing di dalam kartel narkoba Zetas, kata Rodriguez.

"Mereka menggunakan senjata tajam, pentungan, dan tongkat," kata Rodriguez kepada radio Imagen.

Ia menambahkan, penjara berumur 60 tahun itu menampung 3.800 narapidana yang diawasi oleh 100 penjaga. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Meksiko mengatakan, penjara itu memiliki ruangan untuk 3.635 narapidana.

Salah seorang narapidana ditembak mati oleh penjaga penjara demi melindungi sekelompok perempuan, kata Rodriguez.

Dalam perkelahian tersebut, para narapidana membakar sebuah ruang pasokan, dan tayangan televisi menunjukkan api berkobar dari dalam penjara itu pada sekitar tengah malam.

Polisi antihuru-hara dan ambulans kemudian dikerahkan ke penjara itu.

Milenio TV dan koran Reforma melaporkan, kerusuhan dipicu oleh adanya upaya narapidana melarikan diri dari penjara.

Juru bicara keamanan publik Negara Bagian Nuevo Leon, Antonio Arguello, mengatakan, kerusuhan terjadi sekitar tengah malah.

"Otoritas membentuk pagar betis dan tak satu pun napi yang bisa melarikan diri. Semuanya sudah dapat dikendalikan pada pukul 01.30 pagi," kata Arguello kepada AFP.

Milenio TV juga menunjukkan video yang dibuat oleh orang-orang yang tinggal di dekat Topo Chico yang menunjukkan seorang narapidana jatuh ke tanah di halaman penjara, sedangkan yang lain memukulinya dengan tongkat.

Kerusuhan itu meletus pada malam menjelang kunjungan lima hari Paus Fransiskus ke Meksiko. Paus dijadwalkan akan mengunjungi sebuah penjara terkenal lainnya di kota Ciudad Juarez yang berbatasan dengan AS.

Ratusan kerabat para narapidana kemudian berbondong-bondong ke gerbang penjara untuk mendapatkan informasi. Sejumlah orang menangis dan pingsan setelah para petugas menempelkan daftar korban tewas di dinding luar penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com