Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denmark Pertimbangkan Sita Harta Migran

Kompas.com - 14/01/2016, 17:00 WIB
KOMPAS.com - Badan Pengungsi PBB (UNHCR) mengecam keras rencana kontroversial pemerintah Denmark untuk memungkinkan penyitaan benda berharga milik migran guna membiayai hidup mereka.

Seorang juru bicara UNHCR, William Spindler, mengatakan sangat sulit dipercaya bahwa Denmark ingin menyita harta benda yang berhasil disimpan pengungsi.

"Ini sangat buruk untuk menyita benda-benda berharga pengungsi, karena datang sebagai pengungsi di Denmark tidak berarti mereka tidak mempunyai hak untuk memiliki benda-benda berharga sendiri," kata Spindler.

Berdasarkan rancangan undang-undang yang sedang dibahas di parlemen Denmark, migran yang tiba di negara itu dengan membawa uang tunai atau benda-benda berharga senilai lebih dari 1.400 dollar AS, setara dengan Rp19 juta, harus menyerahkannya kepada pihak berwenang.

RUU ini juga memungkinkan penundaan reunifikasi keluarga migran hingga tiga tahun, diperpanjang dari tempo yang berlaku saat ini selama satu tahun.

Parlemen dijadwalkan akan melakukan pemungutan suara mengenai rancangan undang-undang ini bulan depan.

Sejumlah pengamat mengatakan langkah Denmark ini mirip dengan perlakuan Nazi terhadap orang Yahudi di masa holocaust.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com