Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Den Haag Bantu Internasionalisasi Kasus 1965

Kompas.com - 12/11/2015, 20:51 WIB
DEN HAAG, KOMPAS.com - Pengadilan Rakyat Internasional tentang peristiwa 1965 yang digelar di Den Haag diperkirakan akan membantu mengangkat masalah tersebut di tingkat dunia.

Hal itu disampaikan oleh pengamat masalah Indonesia Gerry van Klinken dari Institut Belanda tentang Kajian Asia Tenggara dan Karibia.

Ia menjelaskan, pergolakan politik setengah abad silam yang sudah dianggap berakhir di Indonesia, di panggung internasional justru semakin mendapat perhatian.

Ia mencatat setidaknya ada tiga faktor.

“Mungkin karena memang sudah 50 tahun, tetapi juga dalam suasana reformasi ada kesempatan untuk meninjau kembali, mau kemana Indonesia sebagai suatu bangsa, meninjau kembali ke belakang, juga ke depan," kata Van Klinken di sela Pengadilan Rakyat Internasional di Den Haag yang digelar mulai Selasa (10/11/2015) hingga Jumat (13/11/2015).

“Dan di tingkat internasional ada film-film Joshua Oppenheimer yang banyak dipuji juga oleh orang yang tidak terlalu paham tentang Indonesia,” katanya.

Diplomasi

Ia merujuk film seputar pembunuhan dalam pergolakan politik 1965 The Act of Killings dan film berikutnya The Look of Silence.

Faktor ketiga, menurut Gerry van Klinken, ada sejumlah ilmuwan dan sejarawan yang berusaha untuk mendalami apa yang terjadi dan untuk memasyarakatkan temuan-temuannya.

Baru-baru ini, tambahnya, digelar simposium di Belanda untuk membahas peristiwa 1965 yang masih dianggap peka di Indonesia dan yang belum diselesaikan secara hukum itu.

Kemungkinan meningkatnya perhatian internasional atas peristiwa 1965 seperti disinggung Van Klinken ini dianggap "tak terlalu merisaukan" oleh pejabat di KBRI Den Haag.

Kepala Pensosbud KBRI di Den Haag, Azis Nurwahyudi, menegaskan acara-acara mengenai peristiwa setelah 30 September 1965, termasuk Pengadilan Rakyat Internasional, tidak menjadi batu sandungan bagi hubungan luar negeri Indonesia.

"Saya kira tidak menjadi masalah karena kita tahu ada mekanisme-mekanisme yang dilakukan pemerintah," jelasnya.

Pendirian pemerintah Indonesia selama ini adalah bahwa peristiwa itu menjadi pelajaran, dan Indonesia harus bisa melangkah maju serta sudah mengambil langkah-langkah menuju rekonsiliasi.

Terobosan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com