Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Asap, Muslim Malaysia Serukan Doa Bersama Saat Shalat Jumat

Kompas.com - 08/10/2015, 15:38 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Muslim di seluruh Malaysia diminta meminta intervensi ilahi untuk membantu memerangi asap dari kebakaran hutan dan kebun Indonesia yang telah "mencekik" Asia Tenggara selama berminggu-minggu.

Otoritas keagamaan di negeri Jiran tersebut menyerukan umat Islam mengadakan doa khusus di setiap shalat Jumat.

"Negara kami sedang menghadap fenomena asap yang terus-menerus. Asap sudah menciptakan ketakutan dan kekhawatiran akan dampak kesehatan bagi rakyat," jelas Othman Mustapha, kepala Departemen Pembangunan Islam, sebuah agen pemerinah di Malaysia, melalui akun resmi Facebook, dikutip AFP, Kamis (8/10/2015).

"Kita berdoa agar asap yang kita hadapi segera berakhir," lanjut Othman.

Asap dari pembakaran ilegal lahan hutan dan pertanian di Indonesia merambah ke Singapura dan Malaysia selama berminggu-minggu, menyebabkan sekolah diliburkan, sejumlah penerbangan ditunda dan acara olahraga dibatalkan.

Kebakaran hutan terjadi setiap tahun pada musim kemarau. Namun ilmuwan memperingatkan bahwa kabut asap tahun ini terparah karena ditambah kekeringan yang diakibatkan fenomena El Nino.

Indonesia pada Kamis ini setuju menerima bantuan internasional untuk menyelesaikan masalah asap setelah upaya berminggu-minggu gagal memadamkan kebakaran hutan dan lahan pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com