Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Pengungsi Berikutnya Mungkin Datang dari Lebanon

Kompas.com - 26/09/2015, 22:28 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Komisioner perluasan Uni Eropa, Johannes Hahn, mengatakan kepada harian Jerman, Die Welt, pada Sabtu (26/9/2015) bahwa gelombang pengungsi berikutnya ke Eropa mungkin datang dari negara tetangga Suriah, yaitu Lebanon yang rapuh.

"Perkembangan di Lebanon mengganggu ketenangan saya. Situasi di sana ... dramatis," kata Johannes Hahn kepada harian yang berhaluan konservatif itu. "Gelombang pengungsi berikutnya mungkin datang dari sana," kata Hahn.

Selama empat tahun lebih perang Suriah berlangsung, Lebanon sudah menjadi rumah bagi lebih dari 1,1 juta warga Suriah yang hidup dalam kondisi memprihatinkan. Maka, Lebanon menjadi negara dengan populasi pengungsi tertinggi per kapita di dunia.

"Negara itu (Lebanon) selalu menjadi yang paling rapuh di wilayah itu," kata Hahn. Ia merujuk pada situasi "ketidakstabilan politik" yang endemik di Lebanon. "Negara itu juga punya tingkat pengangguran yang tinggi dan utang publik yang selangit. Itu merupakan kombinasi yang berbahaya," kata dia memperingatkan.

Para pemimpin Uni Eropa telah sepakat untuk meningkatkan bantuan bagi para negara tetangga Suriah, termasuk satu miliar dolar melalui badan-badan PBB, dalam upaya untuk mengurangi arus masuknya para pengungsi ke Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com