Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Berisi Migran Ditimpuki Batu oleh Pemuda Finlandia

Kompas.com - 26/09/2015, 04:27 WIB
KOMPAS.com - Pendemo sayap kanan di Finlandia menyerang bus yang berisi migran dan pengungsi dengan batu dan kembang api. Xenophobia semakin menguat di Finlandia sejak pengungsi yang semakin banyak datang ke daerah-daerah di Eropa.

Sekitar 30 hingga 40 pendemo, ada yang menggunakan tutup muka dan atribut mirip Ku Klux Klan di AS, mengibarkan bendera Finlandia dan mencaci maki bus pengungsi yang melewati mereka di Kota Lahti.

Beberapa demonstran bahkan ada yang menimpuk bus tersebut dengan batu dan menyalakan kembang apai di kendaraan yang membawa sebanyak 40 pengungsi. Di dalam bus tersebut terdapat anak-anak dan perempuan.

"Para pendemo itu anak-anak muda dari Kota Lahti. Hingga saat ini kami tidak melihat gerakan mereka diorganisasi," kata Kepala Inspektur Martti Hirvonen kepada kantor berita setempat.

Sementara itu, ada juga yang melemparkan bom molotov kepada para pengungsi di Kouvola di bagian selatan Finlandia, kata polisi. Tak ada laporan korban terluka dalam insiden tersebut.

"Pemerintah Finlandia mengutuk serangan tersebut. Serangan itu sangat rasis kepada para pencari suaka yang datang ke negara ini," kata pejabat pemerintah.

Ditambahkan, keterangan pemerintah juga mengutuk segala bentuk kekerasan dan ancaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com