Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penembak Jurnalis TV AS Tewas, Polisi Kesulitan Telusuri Motif

Kompas.com - 27/08/2015, 02:06 WIB

VIRGINIA, KOMPAS.com - Pelaku penembakan jurnalis televisi WDBJ di Amerika Serikat, Vester Flanagan, dipastikan tewas setelah menembak dirinya sendiri usai beraksi, Rabu (26/8/2015). Flanagan tewas di sebuah rumah sakit di Virginia bagian utara sekitar pukul 13.26 waktu setempat.

Dilansir dari AFP, Sherif Franklin County Bill Overton Jr mengatakan, Flanagan tewas akibat tembakan yang diduga ditembakkan sendiri olehnya. Sebelum dibawa ke rumah sakit, tubuh Flanagan dengan luka tembak itu ditemukan di dalam mobilnya di Interstate 66, di sebuah jalan tol antarnegara bagian.

Sejauh ini, Kantor Sherif Franklin County belum bisa memastikan motif dan alasan Flanagan membunuh dua mantan koleganya itu. Vester Flanagan memang pernah bekerja di WDBJ TV sebagai reporter dan memiliki nama beken Bryce Williams saat mengudara, sebelum akhirnya dipecat dua tahun lalu.

Polisi menyebut bahwa Flanagan dikenal sebagai pekerja yang "penuh amarah dan sulit diajak bekerja sama". Karakter itu juga yang disebut membuat WDBJ TV memecatnya. Polisi pun akan segera melakukan penyelidikan di WDBJ untuk mencari motif Flanagan.

Otoritas hukum di AS pun belum bisa memastikan apakah ada motif rasial yang menyebabkan Flanagan bertindak gila, dengan menembak mantan rekannya dan mengunggah video penembakan itu ke media sosial. (Baca: Tersangka Penembakan Jurnalis AS Unggah Video ke Twitter)

Sebab, Flanagan diketahui pernah mengajukan gugatan kepada stasiun TV di Florida tempat dia pernah bekerja. Gugatan itu dilakukan Flanagan setelah dia merasa mendapatkan penghinaan bermotif rasialis, saat produsernya memanggilnya "monyet" pada 1999.  

Dua jurnalis yang tewas ditembak itu adalah reporter Alison Parker dan juru kamera Adam Ward. Keduanya ditembak Flanagan saat tengah memberikan laporan langsung di sebuah pusat perbelanjaan di Virginia. (Baca: Dua Jurnalis Televisi AS Tewas Ditembak Saat Siaran Langsung)

Teriakan terdengar ketika kamera televisi terlihat jatuh ke tanah. Siaran langsung pun dihentikan, lalu dialihkan ke studio yang menunjukkan seorang pembawa acara perempuan hanya bisa duduk dan terdiam.

Manajemen CBS News yang merupakan perusahaan induk WDBJ TV kemudian mengabarkan bahwa keduanya tewas dalam penembakan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com