Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Kontrak Rekaman Pertama The Beatles Akan Dilelang

Kompas.com - 19/08/2015, 18:29 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Surat kontrak rekaman pertama grup musik legendaris, The Beatles, akan dilelang bulan depan dan diperkirakan terjual senilai 95.700 poundsterling atau sekitar Rp 2,5 miliar.

Rencananya surat kontrak itu akan dijual rumah lelang Heritage Auctions di New York pada 19 September 2015.

Surat kontrak enam halaman itu ditandatangani pada 1961 di kota Hamburg, Jerman, ketika grup band asal kota Liverpool itu bermain di sebuah kelab malam.

Saat itulah, mereka menciptakan lagu "My Bonnie", yang dirilis perusahaan rekaman Polydor di Jerman, dan berkolaborasi dengan penyanyi Inggris Tony Sheridan dan The Beat Boys.

John Lennon menandatangani dokumen tersebut dengan inisial "JW Lennon" dan Paul McCartney membubuhkan tanda tangan dengan nama lengkapnya, yaitu "James Paul McCartney".

Langkah serupa juga dilakukan George Harrison dan Pete Best, drummer yang pada tahun berikutnya digantikan Ringo Starr.

John Lennon dan kawan-kawan, yang didukung penyanyi Inggris Tony Sheridan, melakukan rekaman di klub musik Top Ten Club di kota Hamburg, Jerman.

Dalam kontrak rekaman yang ditandatangani produser rekaman asal Jerman, Bert Kaempfert, terdapat lagu "My Bonnie Lies Over the Ocean" versi rock'n'roll.

Surat kontrak rekaman pertama The Beatles ini dijual Uwe Blaschke, seorang desainer grafis asal Jerman, dan dikenal sebagai ahli sejarah The Beatles. Dia meninggal dunia pada 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com