Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Kim Jong Un Nonton Konser Eric Clapton di London

Kompas.com - 22/05/2015, 16:55 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Seorang kakak laki-laki pemimpin Korea Utara Kim Jong Un terlihat dalam sebuah konser Eric Clapton di London, Inggris. Para penonton konser menggambarkan Kim Jong Chul terlihat antusias menyanyikan lagu-lagu hits Clapton dari akhir 1970-an.

Kim Jong Chul, yang mengenakan kaus berwarna biru, jaket kulit hitam dan kaca mata hitam langsung dikerumuni sekelompok wartawan Jepang saat dia meninggalkan Royal Albert Hall, lokasi konser.

Menurut stasiun televisi Jepang TBS, Jong Chul mengabaikan sejumlah pertanyaan terkait hubungannya dengan sang adik Kim Jong Un dan stabilitas politik Korea Utara. Para pengawal langsung menutup lensa salah satu kamera televisi sementara rekan perempuan Jong Chul berjalan di belakang pria itu.

Kehadiran Jong Chul dalam konser Eric Clapton itu diyakini merupakan penampilan publik pertama pria berusia 33 tahun itu sejak Kim Jong Un berkuasa di Korea Utara pada Desember 2011.

Jong Chul terakhir kali terlihat di muka publik pada September 2011, dalam konser Eric Clapton di Singapura. Demikian dikabarkan kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Kim Jong Un dan Kim Jong Chul adalah saudara satu ibu, Kim Jong Huo, yang dikabarkan merupakan istri favorit mendiang Kim Jong Il. Menurut Kenji Fujimoto, juru masak yang bekerja 13 gtahun untuk Kim Jong Il, Jong Chul tak dilirik menjadi penerus ayahnya, karena dianggap berperilaku seperti perempuan.

Seperti halnya Kim Jong Un, Jong Chul juga menimba ilmu di sebuah sekolah internasional di Swiss.  Jong Chul kabarnya adalah anggota keluarga pemimpin Korea Utara yang paling fasih berbahasa Inggris dan saat ini bekerja di departemen propaganda negeri itu.

Tahun lalu, seorang diplomat Malta kepada Sky News mengatakan Kim Jong Chul sempat menuntut ilmu di Malta, yang merupakan tujuan populer keluarga Kim untuk belajar bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com