Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Wajah Mirip Pemerkosa, Pria AS Dipenjara 30 Tahun

Kompas.com - 15/05/2015, 15:58 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Setelah mendekam di dalam penjara selama 30 tahun, Michael Kenneth McAlister (58) akhirnya bebas setelah mendapat pengampunan atas kasus percobaan pemerkosaan yang dijeratkan kepadanya.

Gubernur Virginia Terry McAuliffe memberi pengampunan untuk Michael setelah seorang pria bernama Norman Bruce Derr mengakui telah melakukan kejahatan yang mengantarkan Michael ke balik jeruji besi.

"Saya dan semua staf telah mengevaluasi secara teliti dan hati-hati kasus ini dengan membaca semua dokumentasi masalah ini dan memutuskan bahwa pengampunan pantas diberikan karena begitu banyaknya bukti, termasuk pengakuan seorang pria yang menunjukkan bahwa Tuan Mc Alister tidak bersalah atas tuduhan yang dijatuhkan kepadanya," demikian pernyataan tertulis Gubernur McAuliffe.

Michael Kenneth McAlister dinyatakan bersalah atas tuduhan percobaan pemerkosaan pada Februari 1986. Saat itu pengadilan meyakini bahwa Michael menyeret perempuan itu ke ruang cuci pakaian di kediamannya di bawah todongan senjata tajam.

Perempuan itu berhasil meloloskan diri dan bisa melihat wajah pria yang mencoba memerkosanya. Perempuan itu kemudian melaporkan peristiwa tersebut kepada polisi.

Saat dihadapkan pada beberapa foto, perempuan itu mengambil foto Michael yang mengenakan pakaian yang sama dengan Bruce Derr, seorang pemerkosa yang tinggal di lingkungan itu, tetapi polisi tak memiliki foto orang itu.

Celakanya, wajah Michael dan Bruce Derr benar-benar sangat mirip sehingga korban dengan cepat memilih foto wajah Michael. Kisah selanjutnya sudah bisa diduga, polisi menangkap Michael, menyerahkannya ke pengadilan, dan dijatuhi hukuman penjara atas kejahatan yang tak pernah diperbuatnya.

Menurut Yahoo News, saudari Michael, Denise Haas, mengatakan, dia tak percaya bahwa saudaranya itu bisa kembali menghirup udara bebas. "Selama hampir 30 tahun kami hidup dalam mimpi buruk yang tak seorang pun bisa merasakannya, kini kami terbebas dari mimpi buruk itu," ujar Denise.

"Saudara saya akan segera bebas dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan mengisi waktu yang selama ini hilang," tambah Denise.

Pelaku percobaan pemerkosaan sesungguhnya, Bruce Derr, kini tengah menjalani hukuman penjara selama tiga tahun. Sejauh ini belum diperoleh informasi kapan Michael bisa meninggalkan penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com