Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Xi, Abe, Tunjukkan Saya Uangnya

Kompas.com - 23/04/2015, 09:44 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo hanya meminta satu permintaan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ketika bertemu kedua pemimpin itu di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

"Mari segera berbisnis dan tunjukkan saya uangnya. Kita tidak lagi membahas mengenai perjanjian atau kesepakatan karena kita sudah bertemu beberapa kali sebelumnya," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan hal itu kepada wartawan seusai bertemu kedua pemimpin Asia Timur itu di sela-sela penyelenggaraan Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika.

"Pertemuan ini adalah untuk menindaklanjuti implementasi dari perjanjian yang telah disepakati," kata Jokowi.

Jokowi mengunjungi Beijing dan Tokyo bulan Maret lalu guna memboyong para investor dari negara ekonomi terbesar kedua dan ketiga dunia itu untuk berinvestasi dalam membangun infrastruktur di Tanah Air, seperti jalan, pelabuhan, dan jalur kereta api. Pertemuan bilateral bulan lalu itu menghasilkan perjanjian awal bernilai 63 miliar dollar AS dengan perusahaan Tiongkok. Di Tokyo, Jokowi membawa pulang komitmen dari perusahaan Jepang untuk berinvestasi senilai 8,9 miliar dollar AS di sejumlah proyek di Indonesia.

Jokowi menambahkan, baik Xi maupun Abe setuju untuk segera merealisasikan sejumlah kerja sama proyek pembangunan dalam tahun ini.

Menteri-menteri yang berkaitan akan segera bertemu dengan menteri Tiongkok dan Jepang untuk mendiskusikan proyek apa yang bisa dilaksanakan tahun ini, tahun depan, dan dalam lima tahun pemerintahan Jokowi ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com