Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Demonstran New York Tuntut Upah Minimum Rp 193.000 Per Jam

Kompas.com - 16/04/2015, 09:50 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Ribuan demonstran, termasuk banyak pekerja makanan cepat saji, berunjuk rasa di New York, AS, Rabu (15/4/2015) waktu setempat. Mereka menuntut upah minimum 15 dollar AS atau Rp 193.000 per jam agar lepas dari kemiskinan di kota terbesar di Amerika itu.

Para pekerja makanan cepat saji melakukan aksi mogok di lebih dari 230 kota di Amerika. Pihak penyelenggara mengatakan, aksi itu diikuti juga oleh staf bandara, konstruksi dan penitipan anak, serta orang-orang yang bekerja di bidang pendidikan. Mereka menyebut hal itu sebagai mobilisasi terbesar para pekerja yang dibayar tidak layak di AS. Sebanyak 10.000 hingga 15.000 orang ambil bagian dalam protes di New York, kata pihak penyelenggara.

Pedro Gamboa, 58 tahun, adalah pengurus bagasi di bandara JFK yang bekerja 40 jam seminggu. Ia bangun setiap pukul 03.00 pagi untuk melakukan pekerjaan itu. Untuk pekerjaannya itu Gamboa mendapat bayaran 10,10 dollar AS per jam.

"(Uang) itu tidak cukup. Anda harus menjadi seorang penyihir untuk bisa bertahan hidup dengan uang segitu," kata pria kelahiran Guatemala yang berkeluarga itu. "Setelah Anda membayar tagihan Anda, tidak ada yang tersisa di saku Anda."

Di New York, protes pertama dimulai pada sekitar pukul 06.00 di luar gerai McDonald's di Brooklyn. Di Manhattan, mahasiswa dan aktivis ikut serta dalam aksi protes para pekerja makanan cepat saji itu. Mereka mengangkat plakat yang bertulis, "Kenapa ada kemiskinan," "Berjuang untuk 15 (dollar)" dan "Karena sewa tidak akan menunggu".

Para pekerja mengatakan, mereka muak dengan gaji yang tidak dapat membuat mereka keluar dari kemiskinan dan ancaman pembalasan para majikan karena mereka bergabung atau membentuk serikat pekerja.

Pada 1 April, McDonald's mengatakan, pihaknya akan menaikkan gaji per jam sebesar 1 dollar AS di atas upah minimum lokal yang resmi bagi 90.000 karyawan di restoran milik perusahaan itu. Namun, kenaikan itu tidak berlaku bagi 660.000 karyawan yang bekerja untuk restoran yang dimiliki oleh pemegang waralaba, yang merupakan 90 persen dari 14.000 outlet McDonald's di seluruh Amerika Serikat.

Upah minimum di Negara Bagian New York adalah 8,75 dollar AS per jam dan dijadwalkan akan naik menjadi 9 dollar AS tahun 2016. Ada upah minimum federal sebesar 7,25 dollar per jam, tetapi banyak negara bagian di AS punya standar upah minimum sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com