Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita AS Sadar Setelah Koma 4 Bulan

Kompas.com - 11/04/2015, 17:25 WIB
NASHVILLE, KOMPAS.com — Seorang perempuan di Amerika Serikat, Sharista Giles, terbangun dari koma selama empat bulan dan mengetahui bahwa dirinya telah melahirkan seorang bayi laki-laki, kata keluarganya. Para dokter sebelumnya telah khawatir bahwa ia akan mengalami koma permanen.

Giles (20 tahun) sedang hamil empat bulan ketika mengalami kecelakaan mobil di dekat Nashville pada 6 Desember lalu. Demikian menurut informasi di laman Facebook yang dikelola para kerabatnya.

Para dokter mengatakan kepada keluarganya, dia hanya punya 10 persen kemungkinan untuk sadar dari koma. Pada akhir Januari, ia melahirkan bayi laki-laki yang oleh keluarganya dipanggil dengan nama Baby L.

Menurut laman Facebook itu, Rabu (8/4/2015) Giles membuka matanya untuk pertama kalinya sejak kecelakaan itu. Ia langsung mengenali ayahnya dan melihat foto putranya yang masih harus terus dinaikkan berat badannya.  Berat bayi itu sekarang enam pon atau 2,7 kilogram.

"Sharista membuka matanya dan berkedip serta meremas jari-jari kami ketika kami memintanya untuk itu. Puji Tuhan! Dia mengikuti suara ayahnya dan kami menunjukkan foto Baby L dan dia melihatnya!!!" bunyi posting-an di Facebook tersebut.

Keluarga Giles mengatakan kepada ABC News bahwa ia membuka matanya dan segera mulai menyaksikan sejumlah gerakan ayahnya di sekitar ruangan perawatan.

Ayahnya menunjukkan kepadanya sebuah foto anaknya. "Dia (sang ayah) menunjukkan kepadanya foto bayinya, dan ia melihat foto itu," kata ibunya, Beverly. "Ketika ayahnya berbalik untuk menaruh kembali foto itu di bulletin board, ia memutar lehernya, kepalanya mencoba untuk berputar dan melihat foto itu lagi."

Beverly Giles, bibi Sharista, mengatakan kepada ABC News bahwa keluarga tetap optimistis walau para dokter mempunyai prognosis suram tentang kesembuhannya. "Mereka (para dokter) sudah menyerah. Kami tidak pernah menyerah. Dia berjuang keras," katanya.

Menurut posting-an media sosial itu, Giles menjalani pengobatan di Harriman Care and Rehab Center di Harriman, Tennessee, sejak awal tahun ini. Kantor berita Reuters melaporkan, pada hari Jumat pihak rumah sakit tidak menanggapi permintaan komentar terkait kondisi Giles.

Ibu Giles mengatakan kepada WATE yang merupakan media afiliasi ABC bahwa putrinya menderita trauma kepala dalam kecelakaan mobil, yang terjadi saat seorang teman tertidur di belakang kemudi dan kendaraan yang merupa tumpangi kemudian menabrak penghalang beton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com