Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekelompok Turis Saksikan Buaya Menyantap Manusia di Sungai Zambezi

Kompas.com - 18/03/2015, 16:08 WIB
LUSAKA, KOMPAS.com — Sejumlah turis yang sedang menikmati suasana di Sungai Zambezi, yang menjadi batas antara Zimbabwe dan Zambia, menyaksikan peristiwa mengerikan. Mereka menyaksikan seekor buaya tengah mengunyah sisa-sisa tubuh manusia di pinggiran sungai itu, tepat pada saat matahari terbenam.

Para turis itu, yang kabarnya berasal dari Inggris, tengah berada di dekat air terjun Victoria saat mereka menyaksikan pemandangan mengerikan tersebut.

Trevor Lane, seorang aktivis konservasi di Lembaga Bhejane Trust, kepada kantor berita South African Press Association, mengatakan, buaya itu terlihat sedang menyantap bagian bawah tubuh seorang manusia.

Trevor dan rekan-rekannya yakin orang yang dimangsa buaya itu adalah seorang pemburu gading gajah. Sebab, tak lama sebelum kejadian itu, para penjaga hutan sempat bentrok dengan 13 orang pemburu ilegal gajah.

Dalam bentrokan itu, ujar Trevor, salah seorang pemburu liar tewas. Para penjaga hutan yakin hanya sembilan dari 12 pemburu yang berhasil menyeberangi Sungai Zambezi.

"Mungkin salah satu pemburu terluka dan mencoba berenang menyeberangi sungai. Saat itulah, dia diserang buaya," kata Trevor.

Insiden buaya itu dilaporkan kepada aparat Pemerintah Zambia. Namun, saat polisi dan penjaga hutan tiba di lokasi, tampaknya semua sisa tubuh manusia tersebut sudah habis disantap buaya.

Buaya Nil banyak ditemukan di Sungai Zambezi. Mereka bisa tumbuh dengan ukuran lebih dari 5 meter. Pada 2013, seorang pria tewas disergap buaya saat tengah menggunakan kano di Sungai Zambezi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com