Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Serbu Markas Sebuah Partai di Pakistan

Kompas.com - 11/03/2015, 16:53 WIB
KARACHI, KOMPAS.com - Pasukan paramiliter Pakistan menyerbu lalu menyegel markas Partai MQM yang merupakan partai terbesar di Kota Karachi.

Juru bicara militer Pakistan, Kolonel Tahir, mengatakan para tentara menemukan senjata canggih dan turut menahan beberapa orang yang dicari dalam kasus pidana.

Dia menyebut operasi penyerbuan tersebut didasari informasi sahih.

“Kami menunjukkan Anda senjata-senjata yang kami temukan, yang bahkan tidak bisa diimpor ke Pakistan. Kami mencurigai senjata ini mungkin senjata yang hilang dari peti kemas Pakta Pertahanan Atlantik Utara,” kata Kolonel Tahir.

Di lain pihak, figur senior Partai MQM, Farooq Satar, mengecam aksi militer. Menurutnya, operasi pengerebekan tersebut tidak patut dilakukan dan mengada-ada.

“MQM selalu mempertahankan kebijakan antikejahatan dan terorisme dan selalu menawarkan kerja sama,” ujar Satar.

MQM menyatakan pemimpin senior mereka, Amir Khan, ditahan dalam operasi itu. Namun, Kolonel Tahir membantahnya. Dia mengaku Khan hanya diinterogasi mengenai keberadaan pelaku kriminal.

MQM kerap dituding menjalankan bisnis pemerasan di Karachi. Tudingan itu terus dibantah oleh pihak partai. Pemimpin partai, Altaf Hussain, kini mengungsi di London.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com