Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Pertama Boko Haram ke Niger Berakhir Kegagalan

Kompas.com - 06/02/2015, 21:39 WIB
NIAMEY, KOMPAS.com - Serangan pertama kelompok militan Boko Haram ke kota Bosso, Niger, tak jauh dari perbatasan dengan Nigeria, Jumat (6/2/2015), berhasil digagalkan militer Niger.

Pertempuran pecah pada sekitar pukul 09.00 waktu setempat atau sekitar pukul 15.00 WIB di kota Bosso. Namun, pasukan Niger berhasil mengusir Boko Haram pada siang hari. Demikian disampaikan gubernur ibu kota regional Diffa, Yacouba Soumana Gaoh.

Seorang warga setempat mengatakan di pagi hari suara rentetan tembakan bisa didengar dari seluruh penjuru kota perbatasan itu.

"Kami bisa mendengar suara tembakan dari seluruh penjuru kota, bahkan tak jarang suara tembakan itu begitu dekat dengan kediaman kami. Suara senjata berat dan ringan bersahut-sahutan membuat rumah saya bergetar," kata seorang warga kota Bosso.

Sejak Senin, angkatan darat Niger dan Chad sudah ditempatkan di Bosso untuk bersiap menghadapi kelompok militan Boko Haram. Seorang pekerja sosial mengatakan Boko Haram sempat menduduki kota itu selama beberapa jam sebelum diusir kembali ke wilayah Nigeria.

Namun, Gubernur Soumana Gaoh mengatakan hanya pasukan Niger yang bertempur dan mengusir Boko Haram. Sementara pasukan Chad bersiaga di kejauhan.

Pada Senin (9/2/2015), parlemen Niger akan melakukan voting untuk mengambil keputusan terhadap usulan untuk mengirim pasukan ke Nigeria untuk memerangi Boko Haram, yang aksinya kini sudah melampaui batas-batas negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com