Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Abdullah Dimakamkan Siang Ini, Obama Kirimkan Ucapan Duka

Kompas.com - 23/01/2015, 08:26 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

RIYADH, KOMPAS.com
 — Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz meninggal pada Jumat (23/1/2015) dini hari. Pemakaman direncanakan berlangsung pada Jumat siang. Ungkapan duka sudah berdatangan, termasuk dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Beliau wafat pada pukul pukul 01.00 (waktu setempat atau pukul 05.00 WIB) dan dimakamkan pada hari ini," kata pernyataan kerajaan Arab Saudi, seperti dikutip AFP, Jumat pagi.

Abdullah meninggal dalam usia 90 tahun karena pneumonia yang sudah dideritanya cukup lama. Pangeran Abdullah Salman (79), saudara tiri almarhum, diangkat menjadi raja baru. Adapun putra mahkota baru adalah Pangeran Moqren, yang juga adalah saudara tiri mereka.

Duka dari Obama

Presiden Barack Obama, Kamis petang waktu setempat, langsung mengirimkan ucapan duka atas meninggalnya Raja Abdullah. Dia menyebut Raja Arab Saudi ini sebagai pemimpin yang berani mengambil langkah untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah.

Obama menyebut pula Abdullah sebagai teman yang berharga. "Sebagai seorang pemimpin, dia jujur dan punya keberanian," ujar dia dalam pernyataan tertulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com