Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Berteriak di Atas Makam Lenin: Bangun dan Enyahlah!

Kompas.com - 22/01/2015, 13:37 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Dua seniman ditangkap polisi Moskwa karena dianggap bertindak tidak hormat di makam pemimpin Uni Soviet, Vladimir Lenin, di makam Lapangan Merah, Moskwa.

Media Rusia mengabarkan, dua seniman nekat itu menuangkan air suci di atas makam Lenin sembari berteriak, ”Bangun dan enyahlah!”

Dalam sebuah rekaman yang diunggah melalui internet, Senin, memperlihatkan, kedua seniman itu berhasil melewati barikade penghalang sebelum memasuki mausoleum tempat Lenin, pemimpin revolusi Bolshevik itu, dimakamkan. Rekaman juga memperlihatkan air suci itu diambil di sebuah gereja pada Senin lalu.

Bagi para penganut Kristen Ortodoks Rusia, air di dalam gereja mereka merupakan air suci. Polisi yang memonitor OVDinfo, laman tempat rekaman itu diunggah, mengatakan, dua artis yang ditahan tersebut merupakan anggota gerakan protes ”Blue Rider”.

Sementara para aktivis menyatakan, aksi dua seniman itu hanya melambangkan keinginan rakyat Rusia untuk lepas dari bayang-bayang masa Uni Soviet yang kelam. Namun, bagi sebagian lain, Lenin tetap dianggap bapak bangsa. (REUTERS/JOY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com