Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Penyerangan "Charlie Hebdo" Dilatih Al Qaeda di Yaman

Kompas.com - 09/01/2015, 22:47 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Salah seorang tersangka penyerangan kantor majalah satire Charlie Hebdo pernah menimba ilmu di kamp pelatihan Al Qaeda di Yaman. Demikian dikemukakan sumber keamanan Yaman dan seorang rekan tersangka, Jumat (9/1/2015).

Sumber itu mengatakan, Said Kouachi datang beberapa kali antara 2009-2013 di negeri Semenanjung Arab itu. Kedatangan pertama sebagai mahasiswa di Universitas Al-Iman, Sanaa, dan kemudian berlatih di kamp Al Qaeda di wilayah selatan dan tenggara Yaman.

Pada 2009, Said tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Al-Iman yang dipimpin seorang ulama garis keras Abdel Majid al-Zindani yang masuk ke dalam daftar teroris AS. Demikian disampaikan mantan rekan kuliah Said yang tak mau disebutkan namanya.

Menurut sejumlah pejabat AS, intelijen Perancis sudah mengetahui bahwa Said Kouachi bepergian ke Yaman pada 2011. Saat itu Said mendapatkan pelatihan militer dari Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP), khususnya dalam teknik pertempuran dengan senapan serbu ringan.

Sejumlah saksi mata dalam serangan ke kantor majalah Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang itu mendengar salah satu dari Kouachi bersaudara berteriak bajwa Al Qaeda Yaman menjadi dalang serangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com