Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Perkara di Pengadilan Amerika, Pangeran Andrew Dituduh Ikut "Orgy"

Kompas.com - 03/01/2015, 05:55 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Nama Pangeran Andrew dari Inggris disebut di pengadilan Amerika oleh seorang perempuan yang mengaku telah menjadi budak seks di bawah umur dari seorang pemodal milioner Wall Street.

Istana Buckingham, Jumat (2/1/2015), sudah membantah tuduhan yang diajukan berupa mosi gugatan oleh pengacara perempuan tersebut di Pengadilan Distrik West Palm Beach, Florida, Amerika, pada Senin (29/12/2014).

Perempuan yang hanya disebut dengan nama "Jane Doe #3" ini mengaku dipaksa berhubungan seksual dengan Duke of York di London, New York, dan Karibia, atas perintah Jeffrey Epstein.

Epstein dikenal sebagai teman Andrew, terbukti bersalah pada 2008 merayu perempuan di bawah umur untuk melakukan prostitusi dan karenanya menjalani hukuman penjara.

Penyebutan nama Andrew dengan dugaan terkait kasus Epstein bukan baru kali pertama terjadi dalam mosi tersebut. Namun, tuduhan ini dinilai cukup serius hingga keluarga Kerajaan Inggris sampai mengeluarkan bantahan resmi.

"Ini berhubungan dengan pengadilan sipil yang telah berjalan lama di Amerika, yang menempatkan Duke of York bukan sebagai salah satu pihak (dalam struktur hukum Amerika)," ujar salah satu juru bicara kerajaan.

"Meski demikian, untuk menghindari keraguan, segala sangkaan terkait hubungan tak layak dengan anak-anak di bawah umur jelas tidak benar," lanjut juru bicara itu.

"Jane Doe #3" mengajukan gugatan dalam mosi itu dengan memasukkan perkara masyarakat sipil menggugat jaksa dengan sangkaan menghentikan kesepakatan plea-bargain dengan Epstein tanpa berkonsultasi dengan kliennya, sebagai pelanggaran UU Hak Korban Tindakan Kriminal.

Epstein menjalani hukuman penjara 18 tahun setelah pengakuan bersalah atas kasus membujuk mempraktikkan prostitusi di pengadilan negara Florida.  Dia juga terdaftar sebagai pelaku kekerasan seksual.

Gugatan yang diajukan "Jane Doe #3" terkait hubungan seksual dengan Andrew di London, New York, dan pulau pribadi Epstein di Karibia, terjadi di tengah orgy dengan para perempuan di bawah umur.

"Epstein menyuruh Jane Doe #3 untuk memberikan apapun yang Pangeran inginkan dan meminta Jane Doe #3 melapor kembali kepadanya terkait detail dari pelanggaran seksual itu," bunyi dokumen negara terkait kasus ini.

Tak tertera tanggal tepat kapan hubungan seksual tersebut terjadi, tetapi perempuan tersebut menyatakan telah menjadi budak seks Epsten sejak 1999 hingga 2002.

Selain Andrew, nama lain yang juga disebut dalam mosi itu adalah Alan Dershowitz, salah satu pengacara Epstein yang menurut Jane Doe #3 juga beberapa kali memaksanya berhubungan seksual dalam beberapa kesempatan. Tuduhan itu sudah dibantah Dershowitz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com