Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Misa Tengah Malam, Paus Fransiskus Berpesan "Dunia Butuh Kelembutan"

Kompas.com - 25/12/2014, 06:23 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus meminta setiap orang untuk memperluas empati terhadap keluarga dan teman yang memiliki masalah. Dalam misa tengah malam yang diselenggarakan di Basilika Santo Petrus, Vatikan, pemimpin tertinggi umat Katolik ini juga mengatakan, dunia "membutuhkan kelembutan" dan kehangatan.

"Apakah kita memiliki keberanian untuk menyambut dengan kelembutan dari masalah dan kesulitan yang dimiliki orang yang dekat dengan kita?" ucap Paus Fransiskus dalam misa yang dihadiri lebih dari 5.000 umat Katolik, seperti dikutip dari AFP.

"Atau apakah kita lebih memilih solusi dengan ketidakpedulian, yang mungkin efektif, tetapi tidak memiliki kehangatan Injil. Betapa dunia membutuhkan kelembutan hari ini," ucapnya.

Paus asal Argentina ini mengenakan jubah putih berpadu hiasan berwarna emas saat memimpin misa tengah malam. Saat itu, Paus juga diapit oleh sejumlah kardinal yang melantunkan kidung Kalenda, nyanyian-nyanyian Gregorian tentang kelahiran Yesus Kristus.

Beberapa jam sebelum misa tengah malam, Paus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini sempat berbicara via telepon dengan pengungsi di Irak, yang menjadi korban pengusiran oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Dia meyakinkan umat Nasrani yang berada di wilayah konflik di Timur Tengah bahwa mereka selalu berada di hati dan pikiran Paus selama Natal tahun ini.

"Saudaraku, saya dekat dengan kalian. Sangat dekat di hati saya," kata Paus, seperti diucapkan salah seorang pengungsi kepada kantor berita Italia, AGI.

"Anak-anak yang tak bersalah, anak-anak yang tewas, anak-anak yang dieksploitasi... Saya juga memikirkan tentang kakek-kakek, tentang orang jompo yang menjalani hidup mereka dan sekarang harus menanggung beban berat ini," tutur Paus. (Baca: Melalui Telepon, Paus Fransiskus Ungkap Keprihatinan kepada Pengungsi Korban ISIS)

Pada hari Senin kemarin, Paus juga telah mengirim surat panjang yang berisi dukungan kepada umat Nasrani di kawasan Timur Tengah. Dalam suratnya, Paus mendesak umat Nasrani untuk bertahan meskipun menghadapi keadaan sulit.

Dalam surat itu, Paus pertama dari ordo Jesuit ini juga menyebut ISIS sebagai "organisasi teroris dengan kekuatan yang tidak pernah bisa dipikirkan sebelumnya, melakukan sejumlah jenis pelanggaran... dan menyerang beberapa dari kalian (umat Nasrani) yang secara brutal telah diburu di tanah kalian, tempat di mana orang Kristen sudah berada sejak masa kerasulan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com