Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Salju Hantam AS, 4 Tewas

Kompas.com - 19/11/2014, 19:56 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Badai salju hebat menghantam kota Buffalo di wilayah barat negara bagian New York, AS, Selasa (18/11/2014) malam, mengakibatkan tumpukan salju, menjebak warga di dalam mobil dan rumah mereka serta menewaskan empat orang.

Meski Buffalo dikenal sebagai kota yang kerap dilanda badai yang berasal dari Danau Erie yang membatasi AS dan Kanada, bdai salju kali ini cukup mengejutkan warga kota tersebut. Badai salju ini bahkan memicu fenomena tak lazim ketika badai datang dibarengi hujan salju dahsyat dan bukan diikuti hujan.

Sebagian besar kawasan selatan kota Buffalo, yang tak jauh dari air terjun Niagara, tertutup salju dengan ketinggian hingga 1,8 meter. Ramalan cuaca memperkirakan hujan salju masih akan berlanjut.

"Sebagian wilayah ini akan menerima hujan salju terburuk tahun ini dalam tiga hari mendatang," kata pejabat di wilayah Erie, Mark Poloncarz.

Mark menambahkan akibat badai salju itu tiga orang meninggal dunia akibat serangan jantung ketika membersihkan tumpukan salju. Sedangkan satu orang lainnya meninggal dunia saat tengah mendorong mobil yang terjebak salju.

Anehnya, badai salju ini hanya merupakan fenomena lokal. Di sebelah tenggara kota Lancaster salju menumpuk hingga ketinggian 1,5 meter. Namun, 10 kilometer dari tempat itu tumpukan salju di Bandara Internasional Niagara Buffalo hanya setinggi 10 centimeter.

Sementara itu, sebuah tim basket putri Universitas Niagara terjebak lebih dari 24 jam di dalam bus mereka yang terperangkap salju di sebuah jalan bebas hambatan.

"Kami sampai kehabisan air hingga kami harus mengambil salju ke dalam cangkir kami, membiarkan salju itu mencair sebelum meminumnya," kata pelatih tim basket Universitas Niagara, Kendra Faustin.

Sheriff setempat kemudian membawakan jus, soda dan makanan kecil untuk tim basket putri itu. Mereka akhirnya diselamatkan pada pukul 04.00 Rabu (19/11/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com