Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Usir Sejumlah Diplomat Polandia dengan Tuduhan Spionase

Kompas.com - 17/11/2014, 16:15 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia, Senin (17/11/2014), mengusir sejumlah diplomat Polandia karena diduga melakukan kegiatan mata-mata sebagai balasan atas tindakan serupa yang dilakukan Polandia. Demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia.

Kemenlu Rusia memastikan kabar yang dirilis media Polandia bahwa sejumlah diplomat Rusia sebelumnya telah diusir dari Polandia karena diduga melakukan "aktivitas yang tak sesuai dengan status mereka", sebuah bahasa diplomatik yang merujuk pada kegiatan spionase.

"Pemerintah Polandia mengambil sebuah langkah tak bersahabat dan benar-benar tanpa dasar," demikian pernyataan Moskwa.

"Pemerintah Rusia memutuskan mengambil langkah serupa dan sejumlah diplomat Polandia telah meninggalkan Rusia karena melakukan aktivitas yang tak sesuai dengan status mereka," lanjut Kemenlu Rusia tanpa rincian lebih lanjut.

Perselisihan diplomatik muncul pada saat Rusia menuduh sejumlah warga negara negara anggota NATO yang semakin memanaskan situasi di saat Moskwa semakin diisolasi dunia terkait tindakannya di Ukraina.

Sebelumnya, pada Minggu (16/11/2014), stasiun televisi Rusia mengabarkan mantan anggota parlemen Latvia, Aleksejs Holostovs, diusir dari negeri itu dengan tuduhan melakukan aksi spionase.

Rusia juga menuding seorang perwira polisi Estonia melakukan spionase dan menahan polisi itu sejak September lalu meski para pemimpin Barat mendesak Moskwa segera melepaskan perwira Estonia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com