Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,3 Guncang Pesisir El Salvador

Kompas.com - 14/10/2014, 14:22 WIB
SAN SALVADOR, KOMPAS.COM - Gempa bumi bermagnitudo 7,3 mengguncang lepas pantai Amerika Tengah, Senin (13/10/2014) malam waktu setempat, menewaskan sedikitnya satu orang, dan sempat memicu peringatan tsunami.

Aliran listrik terputus di sebagian wilayah El Salvador dan sejumlah dinding bangunan hancur tetapi tidak ada laporan kerusakan yang meluas.

Gempa itu terjadi di Samudra Pasifik, 170 kilometer di sebelah tenggara ibukota San Salvador, di kedalaman 70 kilometer, kata lembaga Survei Geologi AS (USGS).

Kekuatan gempa itu pada awalnya disebut 7,4 tetapi kemudian dikoreksi menjadi 7,3

Guncangan gempa itu dirasakan di sepanjang pantai Amerika Tengah, dari Guatemala di utara hingga Nikaragua dan Kosta Rika di selatan dan pedalaman Honduras.

Di El Salvador, seorang pria tewas ketika sebuah tiang listrik jatuh menimpanya di kota San Miguel, kata walikota itu, Wilfredo Salgado, kepada radio YSKL.

"Gempa itu terasa kuat ketika mulai bergemuruh, dan itu tidak berhenti. Keluarga saya hanya berdoa dan memohon kepada Tuhan agar gempa itu berhenti," kata Maria Etelvina Deras, yang tinggal di Usulutan, sekitar 110 kilometer di tenggara ibukota, kepada stasiun radio itu.

"Yang bisa saya lihat adalah bahwa segala sesuatu di dalam rumah berguncang, dan istri saya meraih saya dan membawa saya ke halaman rumah dan kami menunggunya berhenti. Itu buruk sekali," kata Ruben Aguirre di Zacatecoluca, kota lain di tenggara ibukota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com