Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraih Nobel Ditanyai Petugas Bandara soal Medali Emas di Tas Bawaannya

Kompas.com - 13/10/2014, 15:51 WIB
NEW YORK, KOMPAS.COM — Ketika pemenang Nobel, Brian Schmidt, ditanyai petugas keamanan bandara apakah ada orang yang memberinya barang untuk dibawa ke dalam pesawat, ia mengakui bahwa seseorang yang telah memberi barang itu adalah Raja Swedia.

Pakar astrofisika tersebut, yang memenangi Nobel tahun 2011, ditanyai ketika medali hadiahnya yang terbuat dari emas senilai 10.000 dollar AS menarik perhatian staf administrasi keamanan transportasi AS.

Schmidt, yang sekarang tinggal di Australia, sedang dalam perjalanan pulang mengunjungi keluarganya di Fargo, North Dakota, ketika para agen melihat sebuah massa gelap dalam tasnya saat melewati alat pemindai bandara.

Ketika berbicara dalam sebuah konferensi di New York bulan lalu, dalam sambutannya sebagaimana dilaporkan blog Scientific America hari Jumat (10/10/2014), ia menggambarkan apa yang terjadi selanjutnya. "Pak, sepertinya ada sesuatu di dalam tas Anda." "Saya bilang, 'Ya, saya kira itu dalam kotak ini.'"

"Mereka bilang, 'Apa yang ada dalam kotak itu?'"

"Saya jawab, 'sebuah medali emas yang besar'."

"Lalu, mereka membukanya dan mereka berkata, 'Ini terbuat dari apa?'"

"Saya jawab, 'emas.'"

"Mereka seperti bergumam, 'Uhhh... siapa yang memberi ini kepadamu?'"

"Raja Swedia."

"Mengapa dia memberikan ini kepadamu?"

"Karena saya membantu menemukan tingkat pemuaian alam semesta tengah mengalami percepatan."

"Pada saat itu, mereka mulai kehilangan rasa humor. Saya menjelaskan kepada mereka bahwa itu merupakan hadiah Nobel, dan pertanyaan utama mereka adalah, 'Mengapa Anda berada di Fargo?'"

Schmidt, yang ke Fargo untuk mengunjungi neneknya, mengatakan staf itu sangat curiga karena emas dalam medali itu menampilkan profil yang agak tidak biasa saat diperiksa melalui mesin sinar X bandara.

"Berat medali itu setengah pon, dan itu terbuat dari emas... sehingga medali itu menyerap semua sinar X, menjadi (tampak) benar-benar hitam dan mereka belum pernah melihat sesuatu yang benar-benar hitam seperti itu."

Hadiah Nobel diberikan oleh Komite Nobel Swedia dan Norwegia untuk menghormati keunggulan dalam bidang fisika, kimia, sastra, kedokteran, ilmu ekonomi, dan karya perdamaian. Selain medali, pemenang mendapat sertifikat dan beberapa juta dollar uang tunai.

Schmidt memenangi Nobel, yang dianggap sebagai penghargaan paling bergensi, karena kontribusinya dalam menemukan energi gelap alam semesta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com