Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato di PBB, Obama Kirim Pesan untuk Para "Musuh" Amerika

Kompas.com - 25/09/2014, 06:14 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

MARKAS BESAR PBB, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyelipkan pesan untuk negara-negara selama ini berseberangan dengan AS, dalam pidatonya di hadapan majelis sidang umum PBB, Rabu (24/9/2014).

Obama meminta Rusia untuk menarik diri dari Ukraina. Kepada Iran, Obama mengingatkan soal kesepakatan program nuklir di antara kedua negara tersebut.

Meski tak menyebut secara langsung, Obama juga meminta Tiongkok bersikap lebih lunak terhadap negara-negara Asia Pasifik.

"Seperti halnya negara lain, kami juga terus berusaha untuk membuat perubahan besar yang membawa perdamaian bagi dunia global dan keragaman tradisi yang kita pegang," kata Obama.

Sementara itu, terkait konflik Palestina-Israel, AS mendorong Israel untuk melanjutkan usaha perdamaian dengan Palestina, dengan melihat perkembangan di Gaza. Menurut Obama, masih banyak warga Israel yang berusaha menjegal upaya perdamaian tersebut.

"Kita terlalu sering gagal menegakkan norma-norma internasional karena merasa sudah nyaman. Kita tidak memerangi intoleransi, sektarianisme, dan keputus-asaan yang memicu kejahatan ekstremis di sejumlah tempat di beberapa bagian dunia," lanjut Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com