Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Ajak Semua Negara Dukung Operasi Militer Lawan ISIS

Kompas.com - 25/09/2014, 04:39 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyeru semua negara di dunia menyatukan kekuatan untuk melawan Negara Islam Irak dan Suriah. Seruan ini dia sampaikan dalam pidatonya di depan Sidang Umum PBB, Rabu (24/9/2014).

"Hari ini, saya minta seluruh dunia untuk bergabung dalam aksi ini," kata Obama dalam pidato selama 40 menit itu. Dia meminta semua negara bersinergi membongkar "jaringan kematian" ISIS.

Obama mengutuk cara-cara yang dilakukan ISIS untuk menguasai Irak dan Suriah, termasuk menjarah senjata perang, memenggal para sandera, dan menembak mati anak-anak.

Dalam pidatonya, Obama memperingatkan pula para anggota ISIS untuk meninggalkan perang, selagi masih ada kesempatan.

"Satu-satunya bahasa yang dimengerti para pembunuh adalah bahasa militer. Maka, AS akan bekerja dengan koalisi yang besar untuk membongkar jaringan kematian ini," kata Obama.

Pada Selasa (23/9/2014), Amerika sudah melakukan serangan udara ke basis ISIS. Amerika menyatakan bakal memperluas operasi militer mereka hingga ke Suriah. Menurut Obama, lima negara di semenanjung Arab sudah mendukung operasi militer ini.

Obama menegaskan Amerika tak berkeinginan menduduki negara mana pun dengan operasi militer ini. Menurut dia, aksi tersebut merupakan cara Amerika peduli kepada negara lain yang berupaya merebut kembali tanah mereka dari tangan milisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com