Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uzbekistan Perketat Aturan Penulisan Blog

Kompas.com - 05/09/2014, 20:50 WIB
TASHKENT, KOMPAS.com — Pemerintah Uzbekistan, Jumat (5/9/2014), menerbitkan undang-undang baru yang mengatur tulisan para blogger yang akan diunggah ke internet. Langkah ini merupakan bagian dari pengetatan akses internet di negeri Asia Tengah itu.

Presiden Uzbekistan Islam Karimov, yang berkuasa sejak runtuhnya Uni Soviet, menandatangani undang-undang yang melarang konten blog yang dinilai bertema upaya menggulingkan pemerintahan dan ekstremisme agama.

Undang-undang baru itu juga melarang tulisan yang bisa dianggap "merusak kehormatan" warga negara dan memperingatkan para blogger agar tidak mempromosikan penggunaan obat-obatan terlarang dan pornografi.

Berdasarkan undang-undang ini, para blogger kini diwajibkan memeriksa akurasi informasi sebelum mengunggahnya ke internet dan harus segera mencabut tulisan mereka jika terbukti mengandung kesalahan.

Terbitnya undang-undang baru itu memicu perdebatan di antara para blogger dan pengguna media sosial di negara bekas Uni Soviet itu. Namun, media setempat mengabarkan, pemerintah mengatakan bahwa aturan ini dibuat hanya untuk membawa penggunaan internet sesuai hukum yang berlaku.

Langkah ini semakin memperkuat kendali pemerintah terhadap media di negara yang disebut sangat mengendalikan ketat masyarakat dan tidak menerima adanya perbedaan pendapat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com