Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rapper" dan Peretas Masuk Daftar Tersangka Pembunuh James Foley

Kompas.com - 24/08/2014, 05:48 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Seorang penyanyi rap, seorang peretas dan seorang penganjur jihad menjadi para tersangka pemenggalan jurnalis AS James Foley.

Abdel-Majed Abdel Bary, yang baru saja menggunggah fotonya memegang sebuah kepala yang terpenggal, menjadi tiga warga Inggris yang diduga menjadi eksekutor Foley bernama "John".

Abdel Bary (24) adalah putra seorang militan kelahiran Mesir yang saat ini tengah menunggu sidang kasus terorisme di New York, AS terkait pengeboman kedubes AS di Tanzania dan Kenya pada 1998.

Pria lain yang juga menjadi subyek penyelidikan adalah Abu Hussain al-Britani (20), seorang peretas asal Birmingham dan Abu Abdullah al-Britani, berusia 20-an, asal kota Portsmouth.

Seperti dikutip dari harian MailOnline, Abu Hussain al-Britani pernah dipenjara pada 2012 setelah mencuri informasi pribadi milik perdana menteri Inggris saat itu, Tony Blair.

Pria yang terlahir dengan nama Junaid Hussein ini sudah berusaha mendanai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)dengan menggalakkan serangan siber ke sejumlah bank Inggris.

Sedangkan Abu Abdullah al-Britani terkenal aktif di media sosial dan dia menggunakan media sosial Twitter untuk menggunggah propaganda pro-ISIS.

Abu Abdullah juga diyakini berada di belakang situs ask.fm yang isinya memberi masihat bagi anak-anak muda yang ingin pergi ke Suriah dan Irak serta mendorong untuk pergi berjihad ke Irak atau Suriah.

Orang lain yang juga berpeluang menjadi "John" adalah saudara laki-laki seorang doktor Inggris yang pernah didakwa menculik dua jurnalis Barat dan seorang lagi adalah seorang anggota geng yang juga saat ini diperkirakan berada di Suriah.

Abdel Bary, yang berangkat ke Suriah tahun lalu, memiliki postur, warna kulit dan aksen yang mirip dengan "John". Demikian dilaporkan harian The Telegraph.

Saat masih di Inggris, Abdel Bary adalah seorang penyanyi rap berbakat asal London barat yang dikenal dengan nama "L Jinny". Lagu-lagu karya Abdel Bary bahkan sudah disiarkan BBC Radio 1.

Beberapa video musik Bary juga sudah diunggah ke situs YouTube antara lain yang berjudul Overdose, Flying High dan Dreamer.

Awal bulan ini, Abdel Bary mengunggah fotonya ke Twitter mengenakan pakaian loreng, topeng hitam dan memegang sebuah kepala yang terpenggal di tangan kirinya.

Sementara "John" yang memenggal Foley juga menggunakan tangan kirinya saat menggorok leher Foley dalam video yang diunggah ke YouTube itu.

Nama lain dalam daftar tersangka adalah Razul Islam (21). Pada 2012 dua kakak Razul, termasuk Dr Shajul Islam, dituduh menculik dua wartawan Barat di dekat perbatasan Suriah dan Turki.

Namun, kedua kakak Razul dibebaskan tahun lalu setelah kedua wartawan itu John Cantile asal Inggris dan fotografer Belanda, Jeroen Oerlmans tidak memberikan kesaksian mereka di pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com