Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Australia Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri di Irak

Kompas.com - 21/07/2014, 17:53 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pelaku bom bunuh diri yang beraksi sebuah pasar di ibu kota Irak, Baghdad, pekan lalu, yang diidentifikasi sebagai Abu Bakr al-Australi, ternyata merupakan remaja berusia 18 tahun asal Melbourne, Australia.

Menurut informasi yang disampaikan Pemerintah Australia, remaja tersebut baru berusia 17 tahun saat meninggalkan Benua Kanguru.

Pihak Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam pernyataannya mengatakan, pelaku bom bunuh diri itu bernama Abu Bakr al-Australi.

Sementara itu, Jaksa Agung Australia George Brandis menyebutkan, Abu Bakr merupakan warga Australia kedua yang melakukan aksi bom bunuh diri dalam konflik di Irak dan Suriah.

"Ini merupakan perkembangan yang sangat mengkhawatirkan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pengamat Profesor Greg Barton mengatakan, warga Australia yang berpotensi menjadi pelaku bom bunuh diri tampaknya terpengaruh pernyataan bahwa "masyarakat telah membuat mereka gagal".

"Partisipasi warga Australia dalam konflik di Irak dan Suriah merupakan ancaman serius bagi keamanan dalam negeri ketika mereka kembali ke Australia," katanya.

Menlu Julie Bishop sebelumnya mengatakan, pemerintah berusaha keras mencegah radikalisasi di kalangan warga Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com