Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2014, 00:57 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kini menguasai 35 persen wilayah Suriah, termasuk hampir semua ladang minyak dan gas, setelah memperoleh serangkaian kemenangan. Demikian Organisasi Pemantau HAM Suriah, Jumat (18/7/2014).

Salah satu kemenangan terbaru ISIS adalah pendudukan ladang minyak terbesar Suriah di Deir el-Zour, Suriah timur, awal pekan lalu.

Deir el-Zour berbatasan dengan provinsi Homs dan Irak, di mana ISIS juga menggelar serangan kilat yang mampu mencaplok sebagian besar wilayah utara dan barat Irak.

Sementara itu, ISIS menewaskan 270 orang pasukan Suriah, penjaga keamanan sipil dan pekerja di sebuah ladang minyak di provinsi Homs.

Organisasi Pemantau HAM Suriah menggambarkan direbutkan ladang minyak Shaar itu sebagai sebuah operasi militer anti-rezim Suriah terbesar yang digelar ISIS sejak kelompok ini muncul di tengah konflik Suriah setahun lalu.

Direktur Organisasi Pemantau HAM Suriah Rami Abdel Rahman mengatakan ke-270 orang itu tewas dalam baku tembak atau dieksekusi ISIS.

"Sebagian besar dari mereka tewas dieksekusi setelah sempat ditahan menyusul jatuhnya ladang minyak itu ke tangan ISIS," kata Rami.

Rami menambahkan organisasinya mengecam kematikan 270 orang yang mempertahankan ladang minyak itu, apalagi sebagian besar dari mereka tewas akibat eksekusi.

"Sebanyak 11 pekerja sipil tewas sedangkan sisanya adalah anggota keamanan sipil dan anggota pasukan Suriah," tambah Rami.

Namun, lanjut Rami, pada Jumat pasukan pemerintah Suriah melakukan serangan balasan dan menewaskan 40 orang anggota ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com