Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina: Pemberontak Pro-Rusia Angkut Jenazah Penumpang #MH17

Kompas.com - 19/07/2014, 17:45 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Pemerintah Ukraina menuding Rusia membantu kelompok separatis menghancurkan bukti di lokasi jatuhnya pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines di wilayah timur Ukraina.

"Pemerintah Ukraina secara resmi mengumumkan: teroris yang dibantu Rusia mencoba menghancurkan bukti kejahatan internasional ini," demikian pernyataan resmi pemerintah Kiev.

Para pemberontak pro-Moskwa sudah mengambil 38 jenazah penumpang pesawat bernomor penerbangan MH17 itu. Jenazah-jenazah itu dibawa ke sebuah rumah jenazah di Donetsk, sebuah kota yang mereka kuasai.

Di rumah jenazah itu ada "sejumlah spesialis yang berbicara dengan aksen Rusia" yang disebut akan mengotopsi jenazah penumpang.

Kelompok separatis juga menghalangi para penyelidik dari Ukraina dan pengamat internasional masuk ke lokasi reruntuhan pesawat. Mereka juga mencari alat angkut untuk membawa puing pesawat ke Rusia, pemerintah Ukraina menyatakan.

Seorang wartawan AFP melaporkan, Sabtu (19/7/2014), para pemberontak itu menghalangi wartawan masuk ke lokasi. Mereka bahkan mengeluarkan tembaka ke udara saat meminta wartawan mundur.

Seorang komandan pemberontak mengatakan, puluhan jenazah dipindahkan ke sebuah rumah jenazah di Donetsk. Mereka juga mengawasi tim pencari mengumpulkan potongan jenazah.

"Dua puluh tujuh jenazah" dibawa pagi ini, kata komandan yang menolak menyebut nama itu.

Sementara itu tim pemantau dari Organisation for Security and Cooperation in Europe (OSCE) barharap mereka bisa kembali ke lokasi jatuhnya pesawat Sabtu sore waktu setempat. OSCE mengaku tidak mendapat akses penuh dari para pemberontak bersenjata itu sehari sebelumnya.

Para pemimpin dunia meminta agar tim penyelidik mendapat akses penuh ke lokasi itu. Pemerintah Belanda, yang kehilangan hampir 200 warganya, telah mengirim tim investigasi. Begitu juga pemerintah Malaysia yang mengutus 62 orang dari berbagai bidang untuk menyelidiki peristiwa itu.

Seperti diberitakan, pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines jatuh di wilayah timur Ukraina. Pesawat bernomor penerbangan MH17, yang terbang dari Amsterdam (Belanda) ke Kuala Lumpur (Malaysia) itu diduga ditembak jatuh oleh pemberontak pro-Rusia yang memang menguasai wilayah itu. Semua penumpang dan awak pesawat, yang total berjumlah 298 tewas dalam peristiwa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com