Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang #MH17 Unggah Foto di Facebook dengan Keterangan "Jika Pesawat Ini Hilang"

Kompas.com - 18/07/2014, 09:50 WIB
KOMPAS.COM — Sebuah foto pesawat Malaysia Airlines MH17 diyakini telah di-posting di Facebook oleh seorang penumpang asal Belanda beberapa saat sebelum ia naik pesawat yang naas itu.

Pesawat tersebut, yang difoto di landasan (tarmac), lepas landas dari bandara Schiphol pada Jumat (17/7/2014) siang. Pesawat itu ditembak jatuh beberapa jam kemudian di atas perbatasan Rusia-Ukraina, yang diduga merupakan "aksi terorisme". Peristiwa tersebut telah menewaskan semua penumpang yang berjumlah 295 orang.

Penumpang bernama Cor Pan itu, yang tercatat di Facebook tinggal di Volendam, Belanda utara, mengunggah foto pesawat tersebut dengan keterangan, "Jika pesawat (ini) hilang, seperti inilah penampakannya."  Komentar tersebut diyakini merujuk pada tragedi pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret lalu dan hingga kini belum ditemukan.

Setelah melihat foto itu, sejumlah temannya awalnya bercanda dan mendoakan dia agar menikmati perjalanan yang menyenangkan. Namun, pesan-pesan mereka dengan cepat berubah berisi kepanikan saat berita tentang kecelakaan muncul. Dalam pesan di bawah foto itu, mereka bertanya apakah Pan berada dalam pesawat yang jatuh itu. Mereka berharap bahwa dia tidak berada dalam penerbangan tersebut.


Daily Mail Cor Pan dan pacarnya Neeltje Tol
Sepupunya kemudian mem-posting nomor penerbangan di bawah foto itu dan menulis, "Ternyata sepupu kami Cor berada di pesawat ini."

Teman-teman dan para anggota keluarga pun mulai meninggalkan pesan yang menyentuh untuk turis Belanda itu. Ada yang menulis pesan "beristirahatlah dalam damai".

Pesan-pesan mereka juga menyatakan bahwa dia berada di pesawat itu bersama pacarnya, Neeltje Tol. Sebuah pesan menyatakan, 'Rest in peace (RIP) Cor dan Neel, turur berduka buat keluarga dan teman-teman."

Pan, yang menyebut dirinya "wiraswasta" di halaman Facebook-nya, diduga telah mengunggah foto itu beberapa menit sebelum dia naik ke pesawat yang lepas landas pada pukul 12.15 waktu Amsterdam.

Menurut pihak Malaysia Airlines, setidaknya ada 151 warga Belanda dalam pesawat itu.

Dalam foto itu tampak bahwa pesawat tersebut memiliki tulisan Malaysia di sisinya dan sepertinya sedang mengisi bahan bakar.

Kantor berita Fairfax belum bisa memverifikasi secara independen apakah posting-an tersebut asli.

Baca juga: Terbang 33.000 Kaki, Malaysia Airlines MH17 Kok Terjangkau Rudal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com