Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal TKI Ilegal Tenggelam di Malaysia, 2 Orang Tewas dan 18 Lainnya Hilang

Kompas.com - 15/07/2014, 12:27 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.COM — Sedikitnya dua orang tewas dan 18 lainnya hilang setelah sebuah kapal yang kelebihan muatan yang membawa para imigran ilegal asal Indonesia terbalik di lepas pantai Malaysia selatan. Demikian kata seorang pejabat kelautan Malaysia, Selasa (15/7/2014).

Pejabat dari Badan Penegakan Maritim Malaysia itu mengatakan, kapal yang membawa sekitar 80 orang itu terbalik dan tenggelam pada Senin malam saat kapal patroli mengejarnya ketika berlayar keluar dari negara bagian Johor. "Kapal itu membawa para imigran ilegal yang akan kembali ke Indonesia" untuk merayakan Lebaran. Demikian kata pejabat itu kepada AFP. Ia menambahkan bahwa 59 orang telah diselamatkan dalam tragedi itu.

"Kapal itu kecil dan... kelebihan beban," kata pejabat tersebut, yang meminta namanya tidak disebutkan karena dirinya tidak berwenang berbicara kepada media.

Dia mengatakan, sesosok mayat pria dan seorang wanita telah ditemukan.

Pihak berwenang Malaysia meningkatkan patroli selama Ramadhan karena banyak warga asal Indonesia yang berusaha untuk menyelinap keluar dan kembali ke tempat asal mereka dengan  kapal reyot demi merayakan Lebaran.

Belasan orang tewas dan sekitar dua puluhan lainnya hilang bulan lalu dalam dua kecelakaan kapal akibat cuaca buruk di lepas pantai barat Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com