Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipandu Karyawan Magang, Dua Pesawat Nyaris Saling Tabrak

Kompas.com - 14/07/2014, 19:30 WIB
KOMPAS.com — Dua pesawat di Bandara Danang, Vietnam, nyaris saling bertabrakan saat satu dari pesawat itu mendarat dan yang satu lagi akan tinggal lepas landas. Usut punya usut, tulis laman Bangkok Post pada Senin (14/7/2014), pemicunya adalah Kepala Kontrol Lalu Lintas Udara Bandara Danang, Truong Ngo Quang, membiarkan seorang karyawan magang memandu kedua pesawat itu.

Kejadian itu sebetulnya terjadi pada 27 Juni silam. Namun, Badan Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV) baru merilis hal tersebut hari ini.

Nama karyawan magang itu adalah Truong Nguyen Quynh Anh. Ia memerintahkan sebuah pesawat Jetstar Pacific lepas landas dari landas pacu. Sementara pada saat bersamaan, sebuah pesawat Vietnam Airlines baru saja mendarat. Jarak antara kedua pesawat cuma sekitar 350 meter. "Kejadian yang sungguh-sungguh mengancam keselamatan penerbangan," kata pernyataan CAAV.

Sementara itu, Direktur CAAV Lai Xan Thanh mengonfirmasikan hal itu. "Kondisi cuaca dan faktor lain dalam keadaan normal saat itu," katanya.

Tindakan tegas pun diambil pihak CAAV. Ngo Quang dipindahtugaskan. Sementara karyawan magang yang berjenis kelamin perempuan itu mendapat perpanjangan pelatihan untuk mendapatkan lisensi. Hingga berita ini diunggah, CAAV masih terus melakukan penyelidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com