Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Dapat Hadiah Kue Ultah dari Daun Koka

Kompas.com - 16/06/2014, 19:30 WIB
LA PAZ, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mendapatkan hadiah ulang tahun ke-70 yang cukup unik. Pekan lalu, saat berkunjung ke Bolivia, Presiden Evo Morales memberikan sebuah kue ulang tahun yang dibuat dari daun koka.

Pekan lalu, Ban berada di kota Santa Cruz, Bolivia, untuk menghadiri sebuah pertemuan kelompok G-77 untuk membicarakan langkah-langkah mengurangi kemiskinan.

Daun koka adalah bahan dasar pembuat kokain. Namun, Presiden Morales, yang mantan petani koka, mempertahankan penggunaan koka sebagai sebuah "warisan leluhur" dalam campuran teh, permen, dan obat-obatan.

Warga di pegunungan Andes juga biasa mengunyah daun koka sebagai sumber energi dan penawar sakit di ketinggian.

"Rakyat Bolivia tak akan melupakan kunjungan Anda," kata Morales kepada Ban Ki-moon di hadapan ratusan orang yang berkumpul untuk menyaksikan penyerahan kue ulang tahun itu dan sebuah jaket tradisional Bolivia.

Ban Ki-moon terlihat sangat senang dengan hadiah yang diterimanya itu, tetapi dia tidak mencicipi kue itu di hadapan publik atau memberikan komentar soal daun kontroversial itu.

"Rakyat Bolivia memiliki hati yang lapang dan kebijakan yang luar biasa. Kalian sudah hidup ribuan tahun penuh harmoni bersama alam," kata Ban.

PBB, berdasarkan konvensi anti-narkotika dan obat-obatan, pada 1961 menyatakan bahwa daun koka bersama kokain, heroin, opium, dan morfin sebagai barang-barang terlarang.

Pada 2012 Bolivia menarik dukungannya terhadap konvensi ini sebagai bentuk protes terhadap kriminalisasi mengunyah daun koka.

Akhirnya, PBB memberikan dispensasi khusus untuk Bolivia dan mengakui praktik tradisional mengunyah koka sah secara hukum di negeri itu dan Bolivia akhirnya kembali mendukung konvensi PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com