Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mariam Mansouri, Pilot Tempur Perempuan Pertama Uni Emirat Arab

Kompas.com - 11/06/2014, 17:31 WIB
DUBAI, KOMPAS.com - Mariam Hassan Salem al-Mansour menjadi perempuan Uni Emirat Arab (UEA) pertama yang menjadi pilot pesawat tempur di Angkatan Udara UEA dan kemungkinan besar juga yang pertama di negara-negara Teluk.

Mayor Mariam Mansouri (35), kini menjadi pilot pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan dia juga ditunjuk menjadi komandan skuadron.

Dengan dukungan keluarganya, Mariam yang memang bercita-cita menjadi penerbang tempur, bergabung dengan angkatan udara pada 2007, ketika pemerintah mencari sukarelawan untuk menjadi anggota militer.

Sepanjang kariernya, Mariam sudah bergabung sejumlah manuver udara signifikan baik di dalam atau di luar UEA bersama negara-negara sahabat.

Menjadi perempuan di angkatan udara bukan hal yang mudah dijalani bagi Mariam. Namun, dia berusaha untuk tetap fokus dalam meraih cita-citanya.

"Saya fokus untuk berkompetisi dengan diri saya sendiri demi meningkatkan kemampuan saya," kata Mariam.

Lahir di Abu Dhabi, Mariam lulus dengan memuaskan dari SMA dan melanjutkan studi ke Universitas UEA jurusan sastra Inggris.

Wakil Presiden UEA, sekaligus penguasa Dubai, Sheikh Mohamed bin Rashed al-Maktoum memuji Mariam atas prestasinya dan memberinya medali "Mohammed bin Rashid Excellence Award" karena pengabdiannya yang luar biasa untuk negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com