Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Membayar Semua Gaun Mewah Michelle Obama?

Kompas.com - 04/06/2014, 10:18 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Ibu negara AS, Michelle Obama, dikenal selalu tampil modis dan penuh gaya dalam semua kegiatannya. Hampir setiap hari, Michelle mengenakan pakaian karya para perancang busana ternama.

Pertanyaannya, siapakah yang membayar untuk semua pakaian mahal itu? Apakah Pemerintah AS menggunakan uang pajak rakyat demi membelikan Michelle pakaian-pakaian terbaik?

Untuk semua pakaian yang dikenakan Michelle, yang adalah karya para perancang busana ternama, setidaknya dibutuhkan 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 150 juta setiap bulan. Belum termasuk aksesori lainnya seperti sepatu dan perhiasan.

Apakah uang pajak rakyat AS yang digunakan Michelle? Tidak. Apakah Michelle menggunakan uang pribadinya? Tidak. Atau apakah Michelle meminjam baju-baju mahal itu dari para perancang? Jawabannya juga tidak.

Michelle Obama memang dituntut berpakaian "layak" sebagai ibu negara. Namun, pendapatan yang diperoleh sang suami sebagai Presiden AS tak mencukupi jika harus digunakan untuk membeli pakaian mahal itu.

Sebagai gambaran, tahun lalu pendapatan keluarga Obama adalah 481.000 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 miliar. Selain itu, keluarga Obama memiliki aset bernilai 1,8 juta dollar AS atau kurang dari Rp 22 miliar.

Lalu bagaimana Michelle Obama mendapatkan semua pakaian mewahnya itu? Sekretaris pers Ibu Negara AS, Joanna Rosholm, memberikan jawaban atas pertanyaan itu.

"Ibu Obama membeli sendiri pakaian sehari-harinya. Untuk pakaian yang digunakan dalam acara-acara resmi, seperti kunjungan kenegaraan, Ibu Negara biasanya menerima pemberian dari para desainer ternama," kata Joanna.

Pemberian para perancang busana itu, lanjut Joanna, diterima atas nama rakyat Amerika Serikat.
"Setelah digunakan, pakaian-pakaian itu langsung disimpan di Arsip Nasional sebagai milik negara," lanjut Joanna.

Skema ini, tambah Joanna, cukup menghemat pengeluaran Michelle. Sayangnya, Gedung Putih tak memberi informasi seberapa sering Michelle menerima pemberian pakaian dan berapa banyak pakaian eks Ibu Negara yang disimpan di Arsip Nasional AS.

Gedung Putih hanya mengatakan, Michelle tidak meminjam pakaian-pakaian itu dan lebih sering membeli sendiri pakaian-pakaiannya.

Salah satu pakaian yang merupakan hadiah perancang adalah gaun yang digunakan Michelle dalam dua kali pelantikan Barack Obama.

Gaun itu adalah karya perancang Jason Wu, yang kurang dikenal sebelum hasil karyanya dikenakan sang Ibu Negara. Namun, Wu menolak berkomentar soal hubungannya dengan Michelle Obama.

Gaun karya Jason Wu itu sudah disumbangkan Michell Obama ke Institut Smithsonian yang mengelola sejumlah museum milik Pemerintah Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com