Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayah Utara Thailand Diguncang Gempa 6,0 SR

Kompas.com - 05/05/2014, 19:56 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 6 dalam skala Richter mengguncang wilayah utara Thailand, Senin (5/5/2014) petang dan membuat gedung-gedung tinggi di Bangkok yang berjarak ratusan kilometer dari pusat gempa, bergoyang.

Gempa yang terjadi di kedalaman "hanya" 7,4 kilometer itu terjadi pada pukul 18.00 waktu setempat. Pusat gempa itu berjarak 27 kilometer dari kota pegunungan Chiang Rai. Demikian pernyataan Survei Gelogi AS (USGS).

Kawasan pegunungan yang cukup terpencil ini merupakan kawasan wisata yang cukup dikenal di kalangan wisatawan asing, tak jauh dari perbatasan dengan Myanmar dan Laos.

Guncangan gempa itu bisa dirasakan di ibu kota Bangkok yang berjarak 800 kilometer ke sebelah selatan. Gedung-gedung pencakar langit di Bangkok sempat bergoyang selama beberapa detik.

Bahkan, seorang wartawan AFP di ibu kota Myanmar, Yangon melaporkan guncangan juga terasa di kota itu.

Sejauh ini belum diperoleh kabar soal kerusakan bangunan dan korban akibat gempa ini. Gempa besar sangat jarang terjadi di Thailand, meski getaran-getaran kecil kerap dirasakan di wilayah utara negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com