Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cile Diguncang Gempa Besar Lagi

Kompas.com - 03/04/2014, 12:57 WIB
SANTIAGO, KOMPAS.COM — Sebuah gempa bumi bermagnitudo 7,8 mengguncang Cile bagian utara, Rabu (2/4/2014) malam waktu setempat. Gempa itu hanya berselang sehari setelah gempa berkekuatan 8,2 skala Richter mengguncang kawasan yang sama dan menyebabkan sedikitnya enam orang tewas.

Sirene berbunyi sebagai peringatan akan adanya tsunami dan ribuan orang di wilayah itu diperintahkan untuk mengungsi lagi dari wilayah pesisir. Demikian kata pihak berwenang. Presiden Cile Michelle Bachelet, yang tengah menilai kerusakan gempa sebelumnya di kota Arica, jauh di utara ibu kota Santiago, termasuk di antara mereka yang dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Demikian kata televisi milik pemerintah, TVN.

Angkatan Laut negara itu menyatakan, Peru juga mengeluarkan peringatan tsunami lain.

Gempa terbaru itu terjadi pada pukul 23.43 waktu setempat (atau Kamis pukul 08.43 WIB). Pusat gempa terletak di 20 km di selatan kota Iquique. Demikian kata pihak angkatan laut Cile. "Berdasarkan kekuatan gempa itu, peringatan tsunami telah dikeluarkan," kata lembaga oseanografi nasional Cile, yang dikenal sebagai Shoa.

Belum ada laporan tentang korban tewas atau kerusakan besar akibat gempa baru tersebut.

Gelombang laut sudah mulai menghantam pantai, kata Ricardo Toro, dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional ONEMI.

Ribuan warga Cile baru saja kembali ke rumah mereka setelah menghabiskan malam di kawasan perbukitan menyusul gempa bermagnitudo 8,2 pada Selasa yang menewaskan enam orang dan memicu kekhawatiran tsunami hingga ke Jepang dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com